iDEAonline.co.id -L'Oréal beberapa waktu lalu diumumkan sebagai perusahaan pertama di Indonesia yang meraihsertifikasi Greenship Interior Space dari Green Building Council Indonesia.
Dengan kantor yang ramah lingkungan, diharapkan terciptanya lingkungan kerja yang nyaman, biaya operasional yang lebih terkendali serta peningkatan produktivitas kerja karyawan.
"Ada beberapa kriteria penilaian utama yang kami periksa secara seksama sebelum menerbitkan sertifikasiGreenship Interior Space ini, yaitu: kesesuaian pengembangan area, efisiensi dan konservasi penggunaanenergi dan air, penggunaan bahan dan pengelolaan ramah lingkungan, manajemen prinsip ramah lingkungan,serta kesehatan dan kenyamanan dalam ruang sehingga pemilik kantor dapat mengetahui tingkat kesehatankantor mereka. Berdasarkan kriteria penilaian tersebut, dengan gembira kami umumkan L'Oréal telah berhasilmencapai skor 77% dari minimum 73% poin untuk kategori 'Platinum' sertifikasi Greenship Interior Space," ujarNaning Adiwoso, Ketua GBC Indonesia.Dengan menerapkan tempat bekerja hijau melalui sertifikasi Greenship Interior Space ini, L'Oréal Indonesiaberupaya meningkatkan kesadaran mengenai komitmen keberlanjutan melalui desain kantor barunya.
"Kami memastikan setiap detil interior kantor baru kami sesuai dengan prinsip ramah lingkungan. Beberapa elemenpenting yang kami terapkan meliputi: penggunaan peralatan hemat energi dengan alat pengatur lampuotomatis untuk pencahayaan dan tirai otomatis dengan sensor cahaya, penggunaan tanaman hijau sebagaipembersih air, penggunaan material interior bersertifikat ramah lingkungan dan furnitur yang rendah VOC(Volatile Organic Compounds atau komponen berbahaya) serta sistem pemilahan sampah untuk penggunaankembali dan daur ulang," jelas Indra Utama, Property & General Affairs Manager, PT L'Oréal Indonesia.
L'Oréal percaya bahwa tempat kerja yang ramah lingkungan harus diiringi dengan penerapan perilaku yang juga ramah lingkungan dari setiap karyawannya. Terkaitsertifikasi Greenship Interior Space, secara internalL'Oréalmenjalankan kampanye 'Beauty for A Greener Living' guna memberdayakan dan mendorong para karyawan untuk lebih peduli pada lingkungan melalui penghematan energi dan air serta pengelolaan sampah.-Dengan desain yang sedemikian rupa, L'Oréal percaya bahwa seluruh karyawan dan perusahaan akan merasakan efek positifnya. Desain ruang kerja yang nyaman dan ergonomis dapat memotivasi dan meningkatkan kinerja karyawan secara substansial. Sehingga karyawan difasilitasi dengan ruang kerja terbuka, ruang makan dan berkumpul yang luas dan nyaman, ruang-ruang diskusi, toko yang menjual produk L'Oréal dengan potongan harga, ruang menyusui dan kamar mandi di setiap lantai bagi karyawan yang bersepeda ke kantor.
Foto: Dok.L'Oréal