Arsitek Wanita dari Inggris, Zaha Hadid Tutup Usia

Jumat, 01 April 2016 | 03:55
Sabrina Alisa

Arsitek Wanita dari Inggris Zaha Hadid Tutup Usia

iDEAonline.co.id - Arsitek wanita yang merancang Aquatic Centre untuk Olimpiade London 2012, Zaha Hadid meninggal dunia pada usia 65 tahun.

Arsitek blasteran Irak-Inggris tutup usia pada Kamis (31/3/2016) di Rumah Sakit Miami, Amerika Serikat akibat serangan jantung. Sebelumnya, Zaha Hadid masuk rumah sakit karena didiagnosa mengalami bronkitis.

Zaha Hadid memang terkenal dengan karyanya. Bangunannya bertemakan futuristik dan memiliki bentuk lengkungan yang indah. Salah satunya adalah Al-Wakrah Stadium di Doha, Qatar. Stadion tersebut dibuat untuk event Piala Dunia 2022 yang akan berlangsung di Qatar. Tidak hanya itu, ada 6 bangunan unik hasil karya arsitek Zaha Hadid lainnya. Selain itu, ia juga menjadi arsitek wanita pertama penerima gelar Royal Institute of British Architects (RIBA) Gold Medal.

Zaha lahir di Baghdad, Irak, dan menempuh pendidikan strata satu jurusan matematika Universitas Beirut, Lebanon. Setelahnya, ia memulai karir arsitekturnya bersama Architectural Association di London. Pada 1979, Zaha membentuk firma arsitektur sendiri dengan nama Zaha Hadid Architects dan proyek pertama yang ia selesaikan adalah Vitra Fire Station di Weil am Rhein, Jerman.

Selamat jalan, Zaha Hadid.

Sumber: properti.kompas.com

Editor : Sabrina Alisa