Mengunjungi Air Terjun Bertingkat Tiga, Curug Malela

Senin, 03 Oktober 2016 | 08:48
Sabrina Alisa

Mengunjungi Air Terjun Bertingkat Tiga Curug Malela

iDEAonline.co.id - Setelah menjelajahi tempat-tempat asyik di sekitar Malioboro, yuk move ke Bandung! Kamu yang tinggal di Bandung pasti tahu banget apa yang dimaksud dengan curug. Istilah tersebut adalah sebutan untuk air terjun. Melihat Kota Kembang yang berada di kawasan pegunungan, pasti ada banyak sekali wisata alam berupa air terjun yang menyuguhkan keindahan paripurna. Salah satunya adalah Curug Malela. Dengan tebing tinggi yang lebar kemudian ada aliran air deras menyapu dinding tebing, menghujam ke dasar dan menggerus bebatuan dibawahnya, banyak yang bilang jika Curug Malela adalah Niagaranya Indonesia.

Memandang air terjun dari kejauhan juga akan membuat kamu merasakan sebuah sensasi dan kedekatan dengan alam. Apalagi dengan rerimbunan pohon yang asri di sisi kanan dan kiri air terjun, dijamin kamu bakal betah lama-lama di CurugMalela. Jika kamu datang dari jauh, bisa memilih penginapan berupa hotel murah yang tersedia di pusat kota. Biar makin tahu seputar Curug Malela, yuk simak beberapa ulasan berikut ini.

1. Aliran Air Seperti Untaian Benang Sutra Halus

Curug Malela adalah sebuah air terjun yang cukup besar dan menjadi salah satu suguhan wisata yang megah. Kamu tidak hanya akan menyaksikan satu jalur air yang terjun ke dasar tebing, tapi ada banyak aliran. Bahkan jika debit air cukup deras, kamu akan beruntung menikmati pemandangan yang super keren seolah-olah kamu sedang berhadapan dengan Air Terjun Niagara. Curug Malela dilewati oleh air sungai yang mengalir dari hulu di bagian utara Gunung Kendeng. Sebuah gunung berapi yang saat ini sudah tidak aktif lagi dan berada di sebelah barat Ciwidey.

Tinggi tebing Curug Malela mencapai 60 meter dengan lebar 70 meter. Dengan ukuran yang cukup besar, pantas saja jika destinasi ini jadi salah satu primadona dan kebanggaan masyarakat Bandung. Sebanyak 5 jalur aliran air akan memanjakan matamu karena keindahannya seperti untaian benang sutra yang putih dan halus. Belum banyak yang tahu soal keberadaan surga tersembunyi Curug Malela, bisa dibilang kondisinya masih sangat alami. Hal itu menjadikan air terjun yang berada di Desa Cicadas, Kecamatan Rongga (Gununghalu) Kabupaten Bandung Barat ini sebagai tempat yang pas untuk bersantai dan menenangkan diri.

2. Misterius, Tapi Juga Menantang

Meski menyuguhkan keindahan yang begitu menawan, hingga bisa membuatmu betah berlama-lama untuk sekadar bermain air dan berenang atau hanya memandang air terjun dari kejauhan, Curug Malela menyimpan misteri tersendiri yang sampai ini masih belum terungkap. Tidak sedikit para penduduk yang mengingatkan para pengunjung agar selalu waspada dan berhati-hati pada para pengunjung. Selain itu, lokasinya masih tersembunyi, sehingga akses jalan menuju air terjun cukup sulit ditempuh. Namun, upayamu untuk sampai kelokasi air terjun adalah tantangan tersendiri.

Dan setiap kelelahan yang kamu rasakan akan terbayarkan jika melihat langsung keindahan Curug Malela. Bahkan jika kamu beruntung, monyet-monyet berekor panjang akan menampakkan diri. Sebuah pemandangan yang mencerminkan keserasian alam dengan makhluk hidup yang mendiaminya. Seperti yang banyak dipesankan oleh penduduk setempat, kamu harus tetap berhati-hati dan waspada. Berkunjung saat musim hujan tidak dianjurkan karena debit air bisa meningkat secara tiba-tiba.

3. Rute Menuju Air Terjun

Selain dari pusat Kota Bandung, Curug Malela juga bisa diakses melalui jalur lain seperti Sukabumi dan Cianjur. Kamu juga bisa mulai perjalanan dari beberapa titik di Bandung. Misalnya dari tol Padalarang menuju Cimahi. Kemudian dilanjutkan dengan menempuh rute menuju Gununghalu. Sama halnya jika kamu berangkat dari arah terminal Leuwi panjang, arah yang kamu tuju adalah kawasan Cililin dan Gununghalu.

Dari Pusat kota Bandung, perjalanan ke Curug Malela bisa memakan waktu selama 3 hingga 4 jam. Sampai saat ini, fasilitas angkutan umum menuju lokasi wisata tersebut cukup sulit didapatkan, akan lebih baik jika kamu menggunakan kendaraan pribadi atau menyewa kendaraan di Kota Bandung.

Kamu sebaiknya melakukan persiapan sejak jauh-jauh hari. Bukan hanya menyiapkan kendaraan untuk menuju kesana, tapi juga memikirkan soal akomodasinya. Sebaiknya kamu mencari hotel murah di Bandung yang nyaman untuk istirahat. Salah satunya bisa coba Airy Rooms, hotel budget yang menyediakan fasilitas memadai (mulai dari air hangat sampai WiFi gratis ada). Harganya mulai dari 100rb - 400rb-an, pas sekali untuk backpacker.

Jika Anda tertarik, langsung saja pesan via website di www.airyrooms.com, atau download airyrooms.com

Editor : Sabrina Alisa