Gampang Banget! Ini Cara Membuat Kolam Minimalis dari Kontainer Plastik

Minggu, 14 Mei 2017 | 06:30
idea

Gampang Banget! Ini Cara Membuat Kolam Minimalis dari Kontainer Plastik

iDEAonline - Sebuah kolam dapat membuat taman lebih indah dan sejuk. Suara gemericik airnya menenangkan. Tidak hanya itu, dengan adanya kolam di taman, kita dapat memelihara ikan dan dapat menanam tanaman air. Taman jadi lebih menarik!

Tetapi biaya pembuatan kolam yang relatif mahal membuat orang urung membuat kolam di taman. Jika Anda ingin punya kolam tapi bujet pas-pasan, coba deh alternatif membuat kolam minimalis yang murah berikut. Bahan-bahannya mudah didapat. Cara membuat kolam minimalis ini pun mudah.

Bahan:

- Kontainer plastik besar

- Pompa kolam kecil

- Paving block

- Batu-batuan

- Tanaman air

Setelah semua bahan disiapkan, saatnya ke taman. Berikut langkah pengerjaannya!

1. Tentukan letak kolam di taman.

Banyak faktor yang menentukan di mana kolam akan diletakkan. Pertimbangkan jarak dengan sumber listrik apabila kolam ini menggunakan pompa. Jika sudah ditentukan, mulailah membuat lubang untuk menanam kontainer plastik.

2. Gali lubang.

Buatlah sebuah lubang yang cukup dalam untuk meletakkan kontainer. Jika sudah, tanamlah kontainer plastik. Isi sisinya dengan tanah agar kontainer tidak bergeser-geser.

3. Taruh batu-batuan.

Isi kontainer dengan beberapa bongkah batu. Ini membantu agar kolam tidak terlalu penuh terisi air. Pilih ukuran dan bentuk batu yang bervariasi agar isi kolam tampak indah.

4. Pasang pompa.

Pertimbangkan di mana Anda akan menaruh pompa sehingga dapat disembunyikan dengan rapi di oleh tumpukan batu-batuan. Sembunyikan juga kabelnya dengan membuat jalur yang kemudian ditutup kembali dengan tanah.

5. Tambahkan paving block di sekeliling kolam.

Fungsi paving block ini adalah untuk menutup tepi kontainer. Selain paving block, Anda juga dapat menggunakan batu alam yang datar. Pertimbangkan letak masing-masing paving block dan batu, karena ini akan menentukan tampilan kolam secara keseluruhan.

6. Isi kolam dengan air.

Setelah kolam penuh dnegan air, nyalakan pompa. Sesuaikan arah hadap semprotan pada pompa. Anda bisa membuat percikan air atau sekadar gelembung udara. Kemudian, hiasi kolam minimalis ini dengan tanaman air. Jika tanaman air tersebut ditanam dalam pot, pastikan pot tersebunyi di antara batu-batuan dalam kolam, agar kolam tampak lebih alami.

Nah, dengan cara mudah dan bahan mudah, Anda bisa membuat kolam minimalis di taman. Taman pun tampak lebih hidup!

Editor : Maulina Kadiranti