Butuh Ruang Tambahan? Eksploitasi saja Tangga Anda di Rumah!

Rabu, 23 Agustus 2017 | 06:45
Nurul Hardiyanti

Desain: General Assembly. Kontraktor: Ecostruct LLC. Foto: Devon Banks

Rumahguide -Mungkin masih banyak yang belum mengetahui, setiap elemen yang menyusun tangga dapat Anda alih fungsikan menjadi ruang yang fungsional lho. Mulai dari sekedar gudang biasa hingga menjadi ruang kerja yang nyaman bagi Anda.

Bila Anda memperhatikannya, area tangga menjadi salah satu tempat yang seringkali menyisakan ruang sisa. Ya,contohnya saja bordes, area bawah tangga, lantai undakan dan dinding tangga. Nah, bila Anda memiliki rumah mungil yang bertingkat, ada baiknya Anda memanfaatkan ruang sisa tersebut.

Jangan sampai adaspacekosong yang terbuang secara mubazir. Memang, area ini cendrung tidak luas. Namun, dengan desain dan tata letak yang baik, area tersebut dapat dialih fungsikan menjadi ruang yang multifungsional. Jadi, Anda bisa mendapat beberapa keuntungan di sana.

Berikut beberapa area tangga yang dapat difungsikan sebagai penambah ruang di rumah Anda.

Dinding Tangga

Coba Anda amati, seringkali bagian dinding tangga seringkali terabaikan. Difungsikan pun hanya sebatas tempat menaruh benda-benda kenangan seperti foto dan aksesoris lainnya. Jika Anda jelih, sebenarnya area ini dapat berguna lebih dari itu lho.

Area tersebut dapat berfungsi sebagai tempat penyimpanan yang multifungsi, seperti rak sepatu, rak buku, atau sebuah lemaribuilt-inuntuk menaruh benda-benda lainnya. Dinding tangga pun dapat menjadi area avorit Anda untuk menyimpan benda-benda kesukaan.

Bordes

Seperti halnya dinding tangga, bordes atau yang biasa dikenal dengan tempat peristirahatan pada tangga kerap kali dilupakan. Coba Anda bayangkan, tempat tersebut sebenarnya dapat menjadi area yang jauh lebih berguna lho.

Sebagai contoh, menjadi area penyimpanan maupun sekadar menggantungkan foto-foto bersama kerabat dan keluarga terdekat. Meletakkan ambalan di dinding bordes pun dapat mempercantik tampilan tangga Anda.

Anak Tangga

Keluarkan ide dan kreativitas pada tempat yang satu ini. Bila mentok, perhatikan artikel ini. Area pada sela-sela anak tangga sebenarnya dapat difungsikan tak hanya sebagai pijakan saja. Anda juga bisa menjadikan tempat ini menjadi area penyimpanan unik dan lucu.

Namun, untuk dapat memanfaatkan area sisa ini, Anda sudah harus merancangnya dari awal. Artinya area tersebut memang sudah dipersiapkan menjadi area penyimpanan sejak tangga dibuat. Bila fondasi tangga sudah terbentuk, maka akan menjadi PR besar bagi Anda untuk memanfaatkannya.

Bawah Tangga

Sebagian besar penghuni rumah sudah jauh memanfaatkan tempat ini. Ya, area ini memang paling sering digunakan sebagai tempat ruang yang cocok difungsikan. Bila tersisa space yang cukup besar, sebenarnya area bawah tangga ini tidak hanya dapat dipakai sebagai ruang penyimpanan, namun dapat dijadikan ruang lainnya, seperti dapur, area menonton TV, ruang belajar, bahkan sebuah taman kering.

TeksZeldjian Poetera Athallah, Nia Irawan

Editor : Nurul Hardiyanti