Selain Pakai Bunga, Ini Tips Mempercantik Taman di Rumah

Jumat, 29 September 2017 | 01:35
Nurul Hardiyanti

Selain Pakai Bunga, Ini Tips Mempercantik Taman di Rumah

Rumahguide - Mendengar taman cantik, umumnya yang terlintas di benak orang adalah taman yang ditumbuhi banyak bunga warna-warni. Padahal, tak selamanya taman yang cantik harus berkutat dengan bunga. Anda bisa menciptakan ornamen-oranamen tertentu yang bisa menjadifocal pointdan membuat taman Anda jadi lebih berwarna.Anda bisa mengikuti beberapatips berikut.

Stepping Stone

Selain bunga, Anda bisa menggunakan batu pijakan (stepping stone) sebagai aksen. Agar tak terkesan monoton, Anda bisa membuat pola tertentu, misalnya saja pola papan catur dengan bantuan keramik dan rumput.

Meski tampil berpola, taman tetap terlihat lapang karena paduan warna yang natural antara petak keramik polos dengan hijaunya petak rumput. Jangan lupa, pilihlah keramik yang bertekstur agar tidak licin saat hujan.

Cara lainnya, Anda bisa menggabungkanstepping stoneberbeda-beda ukuran yang dipadu dengan batu koral putih. Tempatkanstepping stoneberukuran normal sebagai pijakan utama di tengah, kemudian tambahkan beberapa yang berukuran lebih kecil di kanan kirinya. Kemudian, isi ruang-ruang yang kosong dengan batu koral putih.

Decking Kayu

Tak sekadarstepping stone,deckingkayu juga bisa jadi pilihan alternatif Anda. Pilihdeckingdengan lebar garis agak kecil agar tetap terlihat ramping. Lengkapideckingdengan rumput-rumput pendek di sisi kanan kirinya.

Tak hanya menjadi penghias tepi, rumput-rumput ini juga berfungsi sebagai pembatas semu antara taman dengan teras ataucarport.Jangan lupa, pilih tanaman yang tidak mudah tumbuh atau rimbun agar tidak mengganggudeckataupun mengurangi estetikanya.

Hias dengan Bidang Vertikal

Apabila luasan bidang taman Anda tak terlalu besar, Anda bisa mengakalinya dengan membuat bidang vertikal. Tak hanya sebagai penghijauan, dengan model taman seperti ini akan makin membuat rumah menjadi cantik, asri, dan juga berfungsi sebagaisun shading.

Yang terpenting, Anda perlu merawatnya agar ia tetap hidup dan tidak terlalu rimbun sehingga mengurangi estetika serta menghalangi cahaya matahari masuk.

TeksZeldjian Poetera Athallah, Nia Irawan

LokasiKediaman Aswin – Primarani, Bintaro, Tangerang Selatan

DesainerIka Uji

Editor : Nurul Hardiyanti