Ingin Menambah Mezanin di Rumah? Kamu Perlu Lihat yang Ini!

Senin, 15 Januari 2018 | 10:35
Nurul Hardiyanti

Tips Bagi Anda yang ingin Membuat Ruang Mezanin

iDEAonline – Salah satu lantai di GedungBursa Efek Indonesiaambruk pada Senin (15/1/2018) siang. Insiden tersebut menyebabkan sejumlah orang terluka.

Lokasi tersebut tepat di mezanin tower 2 gedung GedungBursa Efek Indonesia.

Seperti yang iDEAonline kutip dari majalah iDEA edisi September 2015. Menambah ruang secara vertikal harus memperhatikan beberapa hal. Apa saja hal tersebut? Ini dia!

Baca juga Begini Suasana Atap Gedung Bursa Efek Indonesia Ambruk

1. Perhatikan tingginya

dari lantai sampai plafon, minimal 5 meter. Supaya ruangan tersebut cukup ergonomis bagi orang yang beraktivitas di dalamnya, sesuai tinggi badan rata-rata masyarakat Indonesia.

Selain itu, harus diperhitungkan juga ketebalan struktur lantai untuk ruangan atas.

2. Perhatikan kenyamanan dan keamanan.

Misalnya pada ruang baca ini, desain plafon di buat terbuka.

Benda-benda di atas plafon itu secara psikologis mungkin dapat membuat pengguna ruangan merasa takut kepalanya terbentur.

Maka dibuat anyaman kawat yang menjadi pemisah antara plafon dengan ruang baca. Pengguna ruangan pun lebih dapat memperkirakan ketinggian plafon itu dengan mudah.

3. Jangan Menggunakan Pencahayaan Langsung

Disarankan untuk menggunakan indirect lighting pada ruangan-ruangan vertikal ini. Jangan menggunakan pencahayaan langsung, karena dapat membuat ruangan terlalu terang dan tidak nyaman.

4. Fungsi yang Tepat

Ruangan atas jangan difungsikan dengan hal-hal yang terlalu berat. Tergantung kekuatan struktur material pembentuk ruangan tersebut.

5. Struktur Lantai Bawah

Pastikan struktur lantai bawah yang menopang ruang vertikal ini cukup kuat, sehingga keamanan pun lebih terjamin.

6.

Jika diterapkan di rumah yang memiliki anak kecil, ada baiknya Anda memberikan railing pada tangga akses ke atas, agar lebih aman.

Teks Irfan Hidayat, Nia Irawan

Editor : Nurul Hardiyanti