Begini Solusi Rumah Mendapat Pencahayaan yang Cukup!

Jumat, 08 September 2017 | 07:45
idea

Solusi agar rumah mendapat pencahayaan yang cukup

iDEAonline – Sebuah rumah di Singapura, tepatnya berada di kawasan cagar budaya di Singapura, Blair Plain Conservation awalnya adalah sebuah rumah toko atau ruko bergaya Late Shophouse, yang dibangun di era 1900-1940.

Karena sempat direnovasi menjadi kantor, bangunan ini menjadi tidak layak huni. Banyak pula perubahan yang sudah terjadi pada fisik bangunan.

Ruang makan (Foto: Aaron Pocock (Dok. ONG & ONG Pte Ltd))
Ini agak menyulitkan ketika ruko 3 lantai ini ingin dikembalikan kepada tampilan antiknya dan tetap mematuhi rambu-rambu konservasi bangunan bersejarah.

Tak hanya itu, tidak adanya pencahayaan yang cukup, terutama di lantai satu merupakan masalah yang ditemui di rumah yang satu ini.

Courtyard (foto: Aaron Pocock (Dok. ONG & ONG Pte Ltd))
Karena itulah massa bangunan “dipotong” untuk menghadirkan sebuah courtyard. Taman ini akan meneruskan cahaya dan udara alami ke dalam ruang-ruang.

Sebagai penyejuk, di courtyard ini ditanam sebuah pohon berkayu dan salah satu dindingnya dibuat taman vertikal. Courtyard menjadi tempat bermain bagi anak sekaligus menjadi focal point.

Dapur (foto: Aaron Pocock (Dok. ONG & ONG Pte Ltd))
Selain menghadirkan courtyard pada hunian, atap yang berada tepat di atas tangga dilengkapi skylight, yang akan meneruskan cahaya alami ke ruang-ruang di bawahnya. Sehingga, ruang pun akan berlimpah cahaya. Ide yang menarik, bukan?

Editor : iDEA