Yuk, Segarkan Ruang dengan 4 Tanaman Pengharum Alami!

Kamis, 15 Maret 2018 | 07:00
idea

dok. pixabay.com

Penulis Siti Nahdiatul Fata Murtaza

iDEAonline – Ruangan yang bau, membuat rumah terasa tidak nyaman. Meski tersedia pengharum ruangan kemasan yang instan digunakan, tapi nyatanya pengharum ruangan kemasan mengandung beberapa zat kimia yang bisa membahayakan kesehatan tubuh.

Memanfaatkan tanaman untuk pengharum alami ruangan, akan membuat rumah lebih sehat dan terbebas dari paparan zat kimia. iDEA Lovers dapat memanfaatkan tanaman bunga sebagai pengharum ruangan alami di rumah.

Apa saja tanaman bunga tersebut? Ini pilihannya!

1. Melati

dok. pixabay.com
Tanaman melati jadi pilihan utama karena wanginya sangat semerbak dan mampu memberi efek relaksasi bagi siapa saja yang menghirup aromanya.

Ada banyak jenis tanaman melati yang bisa digunakan untuk pengharum ruangan.

Salah satunya adalah Melati Belanda atau melati Holland yang merupakan tanaman rambat dan kerap dipakai guna menghias pergola rumah.

2. Geranium

dok. pixabay.com
Geranium adalah salah satu dari spesies tumbuhan dalam keluarga Geraniaceae. Aroma bunga dari tanaman ini sangat manis dan bersifat menenangkan.

Tak heran, bila bunga dari tanaman ini sering dijadikan sebagai bahan aroma terapi. Bunganya yang berwarna pink juga dapat Anda manfaatkan sebagai penghias ruangan rumah Anda.

3. Lavender

dok. pixabay.com
Lavender mempunyai bentuk bunga yang kecil dan berwarna ungu kebiruan. Selain memiliki aroma yang menenangkan, harum dari bunga Lavender juga dipercaya dapat mengusir nyamuk di rumah. Sangat cocok kalau ditanam di kamar atau ruang keluarga.

4. Arum Dalu

dok. pixabay.com
Tanaman Arum Dalu memiliki aroma wangi yang cukup kuat. Aromanya semakin harum saat menjelang sore hingga malam hari, dan kerap dijuluki sebagai night blooming jasmine.

Arum Dalu dapat berbunga beberapa kali dalam sebulan dan menghasilkan bunga yang berwarna putih. IDEA Lovers dapat menanam tanaman ini di pot atau langsung menanamnya di tanah.

Bagaimana IDEA Lovers? Tertarik menanam kelima tanaman wangi ini di rumah?

Editor : iDEA