Jangan Sembarang! Ini Jenis Cat yang Baik Untuk Mengecat Plafon Kamar Mandi

Kamis, 15 Februari 2018 | 11:00
idea

dok. decoist.com

Penulis Sara Agustriana

iDEAonline – Beragamnya cat yang beredar tak membuat semuanya dapat “klop” dengan ruang tertentu, kamar mandi misalnya.

Ada banyak hal yang harus dipertimbangkan. Ya, kamar mandi merupakan ruang dalam hunian yang memiliki tingkat kelembapan tertinggi dan di sinilah aktivitas yang menggunakan air paling banyak digunakan.

dok. energywarden.net
Untuk itu, plafon mudah sekali menerima dampak dari efek kelembapan berlebih tersebut, seperti munculnya jamur serta lumut.

Agar terhindar dari jamur dan lumut, ini jenis cat yang baik untuk mengecat plafon kamar mandi: cat semi glossy.

Pasalnya, semi glossy dapat menjaga cat di plafon kamar mandi tetap awet, tahan lama, tidak mudah mengelupas, tahan terhadap air, dan tentu saja anti jamur dan lumut. Jenis cat ini sudah lama terkenal memiliki sifat waterproffing.

dok. pixabay.com
Meskipun begitu, bukan berarti cat ini tidak memiliki kekurangan. Satu-satunya kelemahan dari cat semi glossy adalah cenderung memantulkan cahaya dan memberikan ketidaksempuraan ke permukaan lantai.

Bila Anda sudah memutuskan untuk menggunakan cat semi glossy, pastikan dulu untuk merendam spons dalam larutan air dan larutan pemutih.

Barulah kemudian membersihkan plafon secara menyeluruh. Setelah itu, bilaslah plafon dengan air hingga bersih.

dok. decoist.com
Tunggu hingga kering secara menyeluruh, barulah Anda mulai mengecatnya dengan cat jenis semi glossy. Jangan sampai salah mengaplikasikan jenis cat untuk plafon kamar mandi, ya iDEA Lovers!

Editor : iDEA