Tak Bisa Asal Mengecat, Ini Tahapan Mengecat Ulang Dinding Lama Rumah!

Kamis, 01 Maret 2018 | 10:00
idea

dok. smithhereblog.com

Penulis Tiya Septiawati, Sabrina Alisa

iDEAonline – Jika ingin mengecat kembali dinding lama rumah, ada hal yang perlu diperhatikan. Salah satunya adalah masih terdapat sisa cat lama di dinding.

Ya, jika langsung dicat, bukan tidak mungkin cat baru tidak tampil prima. Bahkan tak jarang juga ditemukan kasus “belang” pada dinding. Sehingga, membuat iDEA Lovers harus mengulang pengecatan.

dok. lifehacker.com.au
Lalu, bagaimana cara mengecat ulang dinding lama? Ini dia tahapannya!

1. Periksa kondisi dinding. Periksa lapisan plamir atau cat lama, apakah masih kuat melekat atau tidak. Untuk mengetahuinya, kuaskan air pada permukaan tersebut, tunggu beberapa saat. Jika pada permukaan tembok tampak gelembung-gelembung, permukaan tembok harus dikelupas.

2. Bersihkan permukaan dinding. Hilangkan semua bagian cat yang terkelupas, debu, dan kotoran lainnya dengan cara mengampelasnya lebih dulu.

dok. hometips.com
3. Lapisi tembok dengan wall sealer (cat dasar) guna menetralisasi PH semen agar sesuai dengan PH cat. Tunggu sampai kering. Dengan wall sealer, cat tidak mudah mengelupas dan warna cat tidak akan berubah dari warna aslinya. Gunakan juga sealer yang mengandung alkali jika tembok Anda cenderung lembap.

4. Aduk cat yang ingin diaplikasikan hingga rata.

dok. pexels.com
5. Encerkan sesuai petunjuk pada kemasan.

6. Ulaskan cat dinding yang telah Anda siapkan.

Apabila semua tahapan telah dilakukan, bukan tidak mungkin tampilan dinding rumah seperti baru kembali. Jadi lebih indah! Selamat mengecat, iDEA Lovers!

Editor : iDEA