Bukan Hanya Makanan, Ini Masa Kadaluarsa 10 Peralatan di Rumah yang Harus Kamu Ketahui!

Kamis, 08 Maret 2018 | 09:00
idea

dok. pixabay.com

iDEAonline – Biasanya, kita mengenal kadaluarsa hanya terdapat pada makanan dan jarang mengecek masa kadaluarsa pada peralatan rumah.

Seperti halnya makanan, peralatan rumah ini pun memiliki masa kadaluarsanya masing-masing. Berikut ini masa kadaluarsa 10 peralatan di rumah yang harus kamu ketahui.

1. Spons cuci piring: 2 minggu

dok. cromwell.co.uk
Ketika mulai digunakan, spons cuci piring hanya mampu bertahan selama 2 minggu saja. Lebih dari itu, spons cuci piring bisa menjadi sarang bakteri. Jadi, spons cuci piring harus diganti.

2. Sikat gigi: 3 bulan

dok. pixabay.com
Sikat gigi harus selalu diganti setiap 3 bulan sekali karena kalau tidak, itu menjadi sarang bakteri.

3. Sisir: 1 tahun

dok. pixabay.com
Walaupun iDEA Lovers membersihkan sisir secara berkala, waktu pakai sisir ternyata hanya 1 tahun saja dan setelahnya harus diganti.

Ya, jika kalian memakai sisir dari waktu tersebut, sisir dapat menyebabkan ketombe dan kerontokan.

4. Spatula: 2 tahun

dok. bowoodco.com
Dikarenakan spatula sering bersentuhan dengan bahan makanan, ini harus diganti setiap 2 tahun sekali. Terlebih jika spatula tersebut terbuat dari material kayu.

5. Bantal: 2-3 tahun

dok. pixabay.com
Terlepas dari jenis pengisian, bantal kehilangan bentuknya setelah 2-3 tahun, dan tungau mulai muncul di dalamnya. Yuk, ganti bantal!

6. Handuk: 3 tahun

dok. pixabay.com
Sudah menjadi rahasia umum jika handuk lembap merupakan tempat baik untuk menumbuhkan bakteri. Sehingga, handuk harus senantiasa kering sebelum digunakan kembali.

Jika perawatan dilakukan dengan baik dan benar, handuk memiliki masa pakai 3 tahun saja.

7. Talenan kayu: 3 tahun

dok. pixabay.com
Memiliki talenan kayu? Sebaiknya harus diganti setiap 3 tahun sekali. Ya, karena talenan dari kayu bisa menjadi tempat yang baik untuk tumbuhnya bakteri.

8. Brush untuk make-up: 5 tahun

dok. pixabay.com
Tidak hanya dibersihkan saja, brush untuk make-up pun harus diganti setiap 5 tahun sekali agar kulit kalian juga tetap terjaga.

9. Selimut: 7 tahun

dok. pixabay.com
Selimut cenderung mengalami perubahan yang sama seperti bantal. Namun, selimut bisa "hidup" lebih lama, yakni hingga 7 tahun.

Dengan perawatan yang cermat dan pengeringan biasa, Anda bisa memperpanjang umur selimut hingga 10 tahun. Setelah itu, Anda harus menggantinya dengan yang baru.

10. Kasur: 8-10 tahun

dok. shopmarriott.com
Kasur harus diganti ketika sudah mencapai 8-10 tahun. Ya, ini karena kasur telah mengalami perubahan bentuk dan penurunan kualitas. Jika tidak, kesehatan Anda akan terganggu.

Nah, iDEA Lovers sudah tahu kan masa kadaluarsa peralatan di rumah? Jangan lupa dicek ya, iDEA Lovers!

Sumber Brightside.me

Editor : iDEA