Wow Masjid Indah di Istanbul Ini Miliki Bentuk Yang Mirip Gua

Minggu, 01 April 2018 | 08:00
Agustina Sapitri

Ini Lho Masjid Indah Dengan Bentuk Mirip Gua di Istambul

iDEAonline Masjid indah yang selesai pada tahun 2012 ini sempat dinominasikan pada ajang Desain of the Year, penghargaan tahunan yang digelar oleh Museum Desain di Londo. Namun masjid sancaklar berhasil memenangkan bangunan ibadah terbaik pada Festival Arsitektur Dunia 2013.

dok. archdaily.com
Masjid dekat Istanbul yang dibangun oleh Emre Arolat Architects ini, menampilkan cor dinding beton dan ruang ibadah seperti gua. Arolat menggunakan kombinasi batu abu-abu terang dan beton bertulang untuk membangun Masjid Sancaklar, yang diatur ke dalam plaza dan terdiri dari teras bertingkat.

Foto:archdaily.com
Struktur seluas 700 meter persegi ini terletak di Buyukcekmece, di pinggiran Istanbul dan terpisahkan dari lingkungan masyarakat sekitar. Tujuannya, agar masjid ini terjaga keamanannya dari jalan raya yang sibuk.

dok. archdaily.com
Perusahaan Turki Emre Arolat Architect menggunakan kombinasi batu abu-abu terang dan beton bertulang untuk membangun Masjid Sancaklar, yang diatur ke dalam plaza dan terdiri dari teras bertingkat.

dok. archdaily.com
Struktur tanpa ornamen ini diatur ke dalam lekukan pada lanskap, dengan hanya susunan atap batu dan menara tinggi yang terlihat dari titik-titik tertentu di sekelilingnya.

dok. archdaily.com
Di luar masjid, potongan-potongan batu ditempatkan di medan miring sehingga membuat barisan panjang sebagai setapak yang mengarah ke gedung cekung. Rumput merumbai tumbuh di sekitar batu dan membantu mengintegrasikan antara pagar dan setapak menjadi satu lanskap yang indah.

dok. archdaily.com
Sumber: kompas.com

Editor : iDEA

Baca Lainnya