6 Kiat Mudah Membersihkan Bak Pencuci Piring Agar Tak Berbau

Senin, 14 Mei 2018 | 02:00
Agustina Sapitri

Selain Tahan Gores Sink dari Silgranit Mudah Dibersihkan

EditorDevi F. Yuliwardhani

iDEAonline - Sink sering kali menjadi 'bak serbaguna'. Digunakan untuk mencuci piring, membersihkan makanan, dan kegiatan membersihkan lainnya.

Hasilnya, kitchen sink sering menjadi bau dan menjadi tempat bakteri dan kuman.

dok. idea online
Berikut ini adalah enam tips yang bisa Anda lakukan agar sink Anda tidak menjadi sarang kuman.

1. Cuci permukaan kitchen sink sampai ke sudut-sudutnya dengan sabun setiap kali Anda selesai menggunakannnya. Jika perlu, tambahkan cairan desinfektan yang berfungsi untuk membunuh kuman dan bakteri.

2. Pastikan kitchen sink dalam keadaan kering setiap kali selesai digunakan. kelembapan yang dihasillkan oleh mineral secara terus menerus, dapat menyebabkan berkembangnya jamur dan aroma tidak sedap.

3. Gunakan saringan pada saluran air, sehingga semua kotoran dapat tertampung sebelum air masuk ke saluran pembuangan. Saringan dapat mencegah terjadi sumbatan dan mengurangi pembusukan kotoran yang terjadi di pipa.

dok.idea online
4. Pastikan Anda membuang semua kotoran yang ada pada saringan. Jangan membiarkannya menumpuk. Selain menjadi tempat tumbuhkembang kuman, juga menimbulkan aroma yang tidak sedap.

5. Bila terjadi air tergenang, segera periksa bagian pipa di bawah sink sebagai antisipasi awal penyumbatan pipa. Pipa yang tersumbat terus menerus akan mengakibatkan kerusakan yang menjalar ke bagian-bagian lain. Pipa berbentuk leher angsa, merupakan bagian yang paling sering tersumbat.

6. Selain itu, bersihkan dan keringkan juga keran pada kitchen sink. Sering bersentuhan dengan tangan membuatnya rentan terhadap kuman dan bakteri.

Foto: Dok. Renovasi/iDEA

Editor : iDEA

Baca Lainnya