8 Langkah Bijak Menekan Biaya Listrik (Part 4)

Senin, 14 Mei 2018 | 06:45
Agustina Sapitri

Bukaan di ruang keluarga (Foto: Richard Salampessy / Lokasi: Properti Jeremy Wijaya & Yenny, Citra Garden, Jakarta Barat)

Editor Febrina Syaifullana

iDEAonlineBerikut ini adalahdelapan cara untuk menghemat pengeluaran biaya listrik part 4 atau part terakhir.

7. Seksama Menata Instalasi Listrik

Instalasi menjadi hal yang penting diperhatikan. Instalasi listrik yang tertata baik, tidak hanya dapat menghemat listrik tetapi juga menghindari korsletingyang berujung kebakaran. Soal instalasi listrik ini sebaiknya Anda menyerahkan kepada ahlinya karena instalasi yang salah memiliki potensi risiko besar.

Ketika menata instalasi, perhatikan juga pilihan material kabel listrik. Kabel memiliki kemampuan berbeda-beda. Untuk instalasi utama, gunakan kabel listrik tunggal yang terbuat dari tembaga, jangan menggunakan kabel listrik serabut. Ukuran kabel dapat disesuaikan dengan daya listrik total di rumah.

dok. idea online
Contoh, jika daya listrik di rumah 450watt, untuk instalasi utama dapat menggunakan kabel tunggal diameter 2,5mm-3mm. Untuk daya listrik yang lebih besar, gunakan kabel tunggal dengan diamater yang lebih besar.

Mengapa hal itu perlu dilakukan? Penampang kabel yang lebih luas mengalirkan energi lebih baik, sehinggamengurangi energi listrikyang terbuang. Akibatnya, energi listrik pun berfungsi maksimal.

Masih soal instalasi, sebaiknya hindari penggunaan steker listrik yang bertumpuk. Percabangan yang bertumpuk-tumpuk seperti itu membuat energi banyak terbuang percuma. Selain itu juga berpotensi bahaya. Stop kontak yang longgar membuat arus listrik mengalir tidak sempurna, ini pun dapat menyebabkan kebakaran.

8. Sesuaikan Desain Rumah

Alternatif lain untuk menekan biaya adalah membuat desain rumah yang mendukung. Desain rumah yang terbuka dan banyak bukaan dapat menekan penggunaan penerangan buatan atau pendingin ruangan.

Foto: Adeline Krisanti / Lokasi: Properti Sri Hartati, Cipinang, Jakarta
Untuk mengurangi pemakaian listrik, terlebih pada siang hari, rumah dengan bukaan lebar amat tepat. Bukaan lebar membuat cahaya masuk ke dalam rumah dalam jumlah cukup. Langkah ini untuk mengurangi pemakaian penerangan buatan.

Bukaan lebar juga membuat sirkulasi udara di dalam rumah berlangsung maksimal, sehingga ruangan di dalam rumah pun tetap sejuk sepanjang hari. Hal ini akan mengurangi penggunaan penyejuk buatan, seperti AC atau kipas angin.

Editor : iDEA

Baca Lainnya