9 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membangun Sebuah Hunian

Senin, 04 Juni 2018 | 20:00

dapur summer

IDEAonline -IDEA Lovers berencana membangun sebuah hunian atau merenovasi beberapa ruang di rumah? Sebelum melakukannya, IDEA Lovers perlu menyiapkan pertimbangan seperti berikut.

Tak Cuma Pembatas, Partisi Tanaman Menambah Asri Teras Rumah

1. Perhatikan kebutuhan

dok. media.architecturaldigest.com

rumah segar

Rumah ideal adalah yang memenuhi kebutuhan penghuninya. Sesuaikan desain interior berdasarkan jumlah, karakter dan aktivitas sehari-hari anggota keluarga.

2. Perhatikan zona dan fungsi ruang

dok. coolhome.gr

compact house

Interior mungil memerlukan penataan yang kreatif agar ruangan terasa nyaman dan dapat meningkatkan moodpenghuni. Pembagian zona dapat membantu Anda menentukan fungsi dan tema masing-masing ruang.

Silaturahmi di Hari Raya, Yuk Bikin Ruang Tamu di Rumah Senyaman Ini

3. Pilihan desain dan ukuran furnitur

dok. coolhome.gr

compact house

Sesuaikan desain dan ukuran furnitur dengan ukuran ruang yang ada. Desain simplesangat cocok diaplikasikan untuk ruangan yang mungil. Tata lah furnitur secara tepat. Jangan sampai menutupi jendela atau pintu, karena semakin dapat terlihat lapang, ruangan semakin terlihat luas.

4. Sirkulasi pengguna ruang

dok. cdn.trendir.com

lantai plester

Dalam menempatkan furnitur, sebaiknya perhatikan sirkulasi pengguna ruang. Sisakan spaceminimum 80cm sebagai ruang gerak minimum 80cm. Ruang itu dapat dialokasikan di antara furnitur atau antara furnitur dengan dinding.

5. Perencanaan biaya

dok. cdn.homedit.com

lantai plester

Untuk menekan biaya, tata interior dapat dibuat simple. Hindari pembelian furnitur atau aksesori yang tidak diperlukan. Buatlahlist belanjaan sebelum pergi ke toko.

6. Pertimbangkan konsep multifungsi

rak gantung dapur

Untuk memaksimalkan ruangan, konsep multifungsi dapat diaplikasikan pada satu ruang. Sebuah ruang dirancang tidak hanya untuk satu kegiatan saja, tetapi untuk beberapa kegiatan. Misalnya, menggabungkan ruang keluarga dengan ruang tamu, atau pun dengan ruang bermain anak.

7. Tema, konsep, dan warna

dapur summer

Pilihlah tema, konsep dan warna sesuai dengan karakter Anda. gunakan warna-warna yang mendukung tema dan konsep.

8. Elemen pendukung

sofa

Sesuaikan tema yangIDEA Loversterapkan dengan elemen-elemen pendukung, seperti gorden, bantal, lukisan, cermin, dan sebagainya. Untuk ruangan mungil, hindari menggunakan elemen yang berat, padat dan masif. Pilihlah elemen pendukung yang ringan, terbuka, dan terkesan melayang.

9. Sirkulasi udara dan letak bukaan

dok. cdn.home-designing.com

kolam di rumah

Semakin terang sebuah ruang dengan sirkulasi udara yang baik, ruangan semakin terlihat luas dan jauh dari kesan sumpek.

Ventilasi silang, berfungsi mendapatkan udara segar serta pencahayaan yang baik ke dalam.

Bukaan lebar (jendela kaca), menjadikan ruang seolah-olah menyatu dengan area luar dan mendapat kesan lapang. Plafon yang tinggi, menjadikan ruang terasa sejuk dan lapang.

Penulis : Dewi F. Yuliwardhani

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya