5 Ide Sederhana Menata Meja Makan Saat Lebaran yang Mudah dan Praktis

Jumat, 15 Juni 2018 | 10:00
Sabrina Alisa

5 Ide Sederhana Menata Meja Makan Saat Lebaran

iDEAonline - Saat lebaran, ruang makan seolah berubah menjadi ruang utama kedua setelah ruang keluarga. Di sinilah, para anggota keluarga dan sanak saudara yang hadir akan menghabiskan waktu menyenangkan untuk menyantap berbagai makanan khas lebaran, mulai dari ketupat, opor ayam, dan rendang.

Di momen yang spesial ini, akan menjadi sangat baik jika Anda memiliki pengaturan meja makan yang tak biasa seperti hari biasanya. Anda dapat menghiasnya agar memancarkan tampilan yang indah di ruang makan tanpa perlu menghabiskan terlalu banyak waktu dan uang.

dok. pointgreypictures.com

meja makan

Caranya? Berikut beberapa cara sederhana yang dapat Anda lakukan untuk menata meja makan agar lebaran pun semakin semarak.

Letakkan Benda Ini pada Meja Makan dan Yuk Kita Lihat Hasilnya!

Nampan dari cermin

Pertama, Anda bisa gunakan sesuatu yang unik, semisal nampan dari cermin. Penggunaan ini dapat membuat meja tampak langsung lebih elegan dan bahkan membuat ruang makan sedikit lebih lapang. Di atas nampan ini, Anda tak hanya bisa meletakkan beberapa toples berisi kue atau buah, namun Anda juga bisa percantik dengan meletakkan lilin ukuran kecil dan besar untuk menerangi meja makan Anda.

Bunga cantik

Tempatkan bunga. Bunga selalu berhasil untuk mempercantik ruang, tak terkecuali meja makan. Tambahkan pula bunga di dalam vas yang cantik di atas nampan cermin. Anda dapat memilih bunga jenis apapun dan lihatlah hasilnya.

dok. trabashome.com

bunga di meja makan

Penambahan unsur warna

Berbicara mengenai warna, menggunakan buah sebagai hiasan adalah cara lain untuk menambah warna ke dalam pengaturan meja. Bukan buah palsu, namun Anda bisa menggunakan buah yang dapat di makan. Tempatkan beragam buah dari berbagai warna seperti jeruk, anggur, dan apel.

Perkakas unik nan antik

Pilihlah beberapa perkakas yang memiliki daya tarik ke dalam meja makan Anda. Bisa dengan gaya vintage, antik atau sesuatu yang modern--apapun yang Anda sukai. Ketika beberapa perkakas seperti gelas antik atau teko unik sudah Anda tempatkan di atas meja, mereka tak hanya berfungsi sebagai penambah semarak suasana, namun dapat juga sebagai bahan percakapan di meja makan.

dok. ChuckRagantix.com

meja makan

Hindari kesalahan

Setelah selesai menata meja, lihat dan periksa kembali. Apakah, tampilan meja makan sudah sesuai yang Anda inginkan atau tidak. Pada proses ini biasanya Anda akan menemukan beberapa kekurangan atau kesalahan. Maka segera perbaiki dan ubah menjadi lebih baik. Dan jangan lupa, pastikan bahwa tamu Anda memiliki segala yang mereka butuhkan untuk menikmati makanan di hari raya.

Mudah bukan? Yuk, nikmati momen makan ketupat di hari raya bersama sanak saudara dengan tampilan meja makan yang cantik.

Editor : Maulina Kadiranti

Baca Lainnya