Teknik Gradasi Warna, Solusi Mudah Membuat Ruangan Lebih Berwarna

Kamis, 28 Juni 2018 | 13:00
dok. drabtofabdesign.com

gradasi warna | dok. drabtofabdesign.com

IDEAonline -Warna netral seperti putih, belakangan banyak digunakan untuk interior ruangan di rumah. Tapi, jika IDEA Lovers ingin tampil beda, aplikasikan saja banyak warna pada satu ruang.

Agar terhindar dari kesan norak, IDEA Lovers gunakan teknik gradasi warna saja. Gradasi warna adalah penggunaan lebih dari satu warna, biasanya merupakan warna turunan, sehingga membuat tingkatan warna tertentu dengan tidak mengubah warna itu sendiri.

Gradasi warna akan terus menerus menghasilkan tampilan warna yang lembut dan halus. Bentuk pengaplikasian teknik gradasi warna ini ada berbagai macam.

dok. simpleshapes.com

gradasi warna | dok. simpleshapes.com

Gradasi warna bisa dihasilkan melalui teknik ombre. Pada gambar di atas, terlihat turunan warna dari hijau toska. Dari kiri ke kanan dimulai dengan warna putih, dilanjutkan dengan warna yang lebih tua, dan dibuat menyatu antar warnanya, sehingga menjadi kesatuan yang apik.

Susunan warna pada teknik ombre ini bisa dilakukan dengan dua cara. Pertama, turunan warna disusun secara vertikal. Kedua, disusun secara horizontal. IDEA Lovers dapat mengkreasikannya sendiri. Teknik ombre ini tentu memiliki keahlian khusus dalam mengaplikasikannya.

dok. drabtofabdesign.com

gradasi warna | dok. drabtofabdesign.com

Baca juga :

Ikuti Langkah-Langkah Mudah Mengecat Genteng Berikut Ini!

Cara Mudah Jaga Kebersihan Kitchen Sink dan Hindari Bau Tak Sedapnya!

Perhatikan Baik 5 Spot di Rumah Ini Agar Terbebas dari Gangguan Tikus!

Jika IDEA Lovers merasa sulit mengaplikasikan teknik ombre, gunakan saja turunan warna pada bidang dinding berikut. Pada gambar di atas, menggunakan turunan warna pink. IDEA Lovers bisa menggunakan warna paling tua pada satu bidang dinding, kemudian turunan warna yang lebih muda diaplikasikan pada bidang dinding lainnya.

Cara ini lebih simpel diaplikasikan, dan kita dapat membuat areafocal point sendiri menggunakan warna yang paling tua, sehingga area tersebut dapat terlihat lebih menonjol.

dok. simpleshapes.com

gradasi warna | dok. simpleshapes.com

Cara terakhir ini juga membutuhkan keahlian khusus, yaitu dengan teknik mural. IDEA Lovers dapat meminta bantuan orang yang mampu membuat mural. Atau, pilih saja mural yang cukup mudah dibuat. Misalnya, mural bentuk gunung yang sedikit abstrak.

Pertama, IDEA Lovers harus membuat pola menggunakan pensil pada bidang dinding. Setelah itu, tentukan warna paling tua diletakkan di bagian atas atau bawah. IDEA Lovers dapat bermain dengan warna apa sajatergantung selera.

Nah, semoga bermanfaat!

Penulis : Stefani Arin

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya