Ternyata 5 Makanan Ini Masih Bisa Dimakan Meski Sudah Kadaluwarsa

Jumat, 13 Juli 2018 | 12:00
dok. atmedia.imgix.net

susu | dok. atmedia.imgix.net

IDEAonline- Jangan langsung dibuang, 5 makanan ini ternyata masih bisa dimakan walau sudah kedaluwarsa. Menurut beberapa ahli, syaratnya adalahmakanan tersebut disimpan dalam suhu rendah (dalam kulkas) dan tidak terpapar zat lain.

Hal ini diutarakan oleh Ted Labuza, seorang ahli makanan sekaligus dosen di University of Minnesota. Inilah kelima makanan tersebut.

1. Keripik tortilla

dok. 3.bp.blogspot.com

keripik tortila | dok. 3.bp.blogspot.com

Baca juga :

Parket Sebagai Alterntif Lantai Keramik. Pahami Dulu Karakteristiknya

Kata Gunders, keripik tortilla tidak akan membuatIDEA Lovers sakit meskipun sudah kedaluwarsa. Tempatkan saja mereka dalam oven dan minyaki, maka keripik akan garing kembali. Kemudian, simpan dalam wadah tertutup untuk memperpanjang "hidup" mereka.

2. Makanan beku

dok. studentlifeguide.co.uk

makanan beku | dok. studentlifeguide.co.uk

Freezer pada kulkas berfungsi untuk membunuh mikrobakteri yang dapat menyebabkan makanan menjadi basi. Jadi, makanan beku yang disimpan dalam freezer akan tetap aman untuk dimakan meskipun sudah expired. Namun, ingat simpan di dalam kemasan dan bungkus dengan rapi.

3. Cokelat

dok. cdn-img.health.com

cokelat | dok. cdn-img.health.com

Baca juga :

Kepoin Taman Indoor Milik Maudy Koesnaedi yang Adem Banget!

Cokelat adalah makanan yang bisa bertahan lama. Namun, akan muncul putih-putih pada cokelat bila terpapar udara langsung yang terlalu lama. Jadi, bila ingin tetap makan walau cokelat sudah kedaluwarsa, pastikan disimpan dalam kulkas dengan kemasan yang tertutup rapat.

4. Telur

dok. moyerschicks.com

telur | dok. moyerschicks.com

Baca juga :

Tak Hanya Untuk Anak, Tema Kamar Ini Cocok Diterapkan Orang Dewasa

Ternyata, telur bisa diperpanjang usia konsumsinya - bisa mencapai tiga sampai lima minggu. Caranya, simpan mereka di suhu yang rendah, di bawah 50C (410F) karena ini membantu mencegah potensi pertumbuhan dari Salmonella Enteritidis.

5. Susu

dok. atmedia.imgix.net

susu | dok. atmedia.imgix.net

Menurut Labuza, susu yang berbau dan berasa buruk itu dapat membuat IDEA Lovers sakit bila tetap dimakan. Jangan biarkan susu berada di dalam wadah pada suhu ruangan normal karena mikroba di udara akan merusak susu.

Tutup cepat-cepat dan kembalikan ke kulkas pada suhu 20C (360F) untuk membantu memperanjang "umurnya". Susu yang masih layak dikonsumsi yaitu apabila aromanya tidak berubah.

Nah, meski demikianada baiknya IDEA Lovers membeli yang baru dan masih segar, ya!

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya