Bekerja di Dalam Rumah? Begini Cara Membuat Ruang Kerja yang Nyaman

Senin, 23 Juli 2018 | 16:00

Working Room

iDEAonline - Untuk seorang pekerja lepas atau freelancer, ruang kerja adalah salah satu sudut yang cukup penting di dalam rumah. Terlebih lagi, saat ini kemajuan teknologi dapat membuat semua orang bekerja dari mana saja, termasuk rumah.

Oleh karena itu, interior ruang kerja harus diperhatikan sebaik mungkin. Selain dapat meningkatkan produktivitas, ruang kerja yang nyaman akan membuat kinerja menjadi lebih baik. Jadi, bagaimana penataan ruang kerja agar nyaman ya, iDEA Lovers? Simak tips berikut ini.

Baca juga:

Ruang Kerja Beraksen Vintage Milik @earlytitania Ini Bikin Betah dan Ramah Untuk Hewan Peliharaan!

Takjub! Ini Dia Ruang Kerja Unik yang Dibangun di Bawah Jembatan

1. Kenali jenis pekerjaan

Working Room

Sebelum merancang sebuah ruang kerja, kamu harus terlebih dahulu mengenali pekerjaan yang harus dilakukan. Setiap jenis pekerjaan tentu akan membuat kebutuhan yang berbeda di ruang kerja. Oleh karena itu, rancang ruang kerja sesuai kebutuhan pekerjaan sehingga menciptakan suasana yang nyaman.

2. Tentukan lokasi ruang kerja

Working Room

Setelah merancang, penentuan lokasi ruang kerja juga menentukan seberapa besar kebutuhan kamu akan luas ruang kerja. Jika pekerjaan tidak menuntut untuk memiliki ruang kerja yang luas, maka ruang kerja minimalis seperti ini sepertinya cocok untuk memenuhi kebutuhanmu.

3. Maksimalkan tempat penyimpanan

http://chironsci.com

Small Office Desk Ideas Home Office Storage Ideas Home Desk Ideas Office Design Ideas For Small Office Office Ideas For Home Small Office Space Ideas 1024x786 elegant Home Office Space Ideas - Home Design Ideas

Tips yang satu ini cocok untuk kamu yang memiliki ruang kerja yang tidak terlalu luas. Oleh karena itu, hal yang harus disiasati adalah tempat penyimpanan dokumen atau ATK. Kamu bisa membuat rak gantung di dinding atau di bawah meja kerja untuk membuat ruangan terlihat lebih luas.

Baca juga:

Begini Interior Kamar Vintage 90an Betty Cooper di Serial Riverdale

Viral Didandani Mirip Suzzanna, Begini Sudut Favorit Luna Maya di Rumah

4. Pertimbangkan pencahayaan

Working room

Pencahayaan dalam ruang kerja adalah salah satu faktor penting untuk membuat suasana yang nyaman saat bekerja. Jika memungkinkan, kamu bisa menempatkan meja kerja di samping jendela atau sumber masuknya cahaya matahari karena mampu mencegah depresi dan membuat suasana gembira.

Jangan lupa juga untuk menempatkan lampu di dekat meja kerja. Hal ini dilakukan saat kamu membutuhkan cahaya tambahan ketika hari sudah gelap.

5. Perhatikan arus listrik

Working home

Di era digital seperti ini, Listrik menjadi salah satu hal utama untuk mendukung pekerjaan. Oleh karena itu, letak stop kontak harus diperhatikan agar tidak terlalu jauh dengan lokasi meja kerja. Hal ini bisa memudahkan kamu untuk mengisi daya baterai perangkat kerja.

Sudah siap untuk merancang ruang kerja mu sendiri di rumah?

Baca juga:

Dinding Penuh Memori di Ruang Kerja Berkonsep Industrial Milik Agus Yudhoyono

Sentuhan Feminim Ruang Kerja di Rumah, Cocok Untuk Wanita Karir

sumber: kompas.com

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya