Pernah Ada di Indonesia, Ini 5 Penjara Mewah Bak Hotel Berbintang

Kamis, 02 Agustus 2018 | 14:15

penjara mewah

iDEAonline - Ruangan sempit dan akses yang terbatas adalah dua hal yang mendeskripsikan kehidupan di penjara.Namun, terungkapnya sel palsu yang banyak di tempati oleh para narapidana kasus korupsi di lapas Suka Miskin membuat penjara tidak seseram yang kita kira.

Kamar yang lebih luas dengan fasilitas mewah bisa didapatkan dengan mudah, terutama mereka yang berdompet tebal. Jadi, jangan heran kalau ruangan tersebut lebih terlihat seperti hotel berbintang daripada sel tahanan.

Namun, tahukah iDEA Lovers? Penjara mewah bak hotel berbintang ternyata tak hanya dimiliki oleh Indonesia, beberapa negara ini juga menyediakan sel penjara rasa hotel berbintang dengan fasilitas mewah.

BACA JUGA:

Banyak Menghabiskan Waktu di Rumah Untuk Memimpin Negara, Ini Dia Ruang Keluarga Rumah Cendana Milik Soeharto

1. Penjara Bastoy, Norwegia

penjara mewah

Penjara Bastoy terletak di Pulau Bastroy, Oslofjord. Mampu menampung lebih dari 100 narapidana, penjara ini menyediakan kemewahan untuk para tahanannya, seperti lapangan tenis, berkuda, memancing, dan berjemur.Dengan fasilitas mewah dan keamanan yang minimum, para tahanan sering lupa kalau dirinya sedang berada di penjara.

2. Her Majesty's Prison Addiewell, Skotlandia

penjara mewah

Dengan sistem pembelajaran, Her Majesty's Prison Addiewell ini mewajibkan para tahanannya untuk mempelajari keterampilan.

Jika penjara identik dengan terali besi, mereka yang berada di sini sama sekali tak menggunakannya. Bahkan, kamar yang ditinggali pun cukup bersih, rapi, dan lengkap dengan berbagai fasilitas penunjang.

3. Justice Center Leoben, Austria

penjara mewah

Justice Center Leoben memberikan para pelanggar hukum diberikan masing-masing sel tunggal lengkap dengan kamar mandi pribadi, dapur, dan televisi. Selain itu, ada pula fasilitas bersama seperti gym, lapangan basket, dan area rekreasi luar ruangan.

4. Penjara Aranjuez, Spanyol

penjara mewah

Penjara yang satu ini memberikan para tahanannya kesempatan untuk menjadi orang tua meski sedang menjalani masa hukuman.

Aranjuez sendiri adalah lembaga inovatif yang menyediakan tempat bagi anak-anak untuk menjalani tahun-tahun pertama mereka bersama orang tua yang menjadi tahanan.

Jadi, jangan heran kalau fasilitas yang diberikan juga dilengkapi dengan berbagai karakterDisney yang menggemaskan.

5. Rutan Pondok Bambu, Indonesia

putihtih.com

penjara mewah

Kalau sel mewah yang satu ini pernah ada di Indonesia, tepatnya di Rumah Tahanan Pondok Bambu, Jakarta. Sel mewah milik Artalyta Suryani ini dilengkapi dengan kamar pribadi, meja kerja, serta televisi.
Ruangan milik narapidana kasus narkoba ini juga didekorasi denganwallpapermotif daun dan bunga pada dinding ruangan. Wah, seperti sebuah hunian ya, iDEA Lovers?

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya