Gempa 7,0 SR Guncang Lombok, Tilik Hunian Tahan gempa di Nigeria!

Minggu, 05 Agustus 2018 | 23:16
99.co

ilustrasi foto : rumah hancur karena gempa

Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika ( BMKG) Dwikorita Karnawati mengungkapkan,"Tepatnya berlokasi di darat pada lerang utara timur laut Gunung Rinjani pada jarak 18 kilometer arah barat laut Lombok Timur pada kedalaman 15 kilometer," ujar Dwikorita dalam konferensi pers di gedung BMKG, Jakarta, Minggu (5/8/2018) malam.
BMKG menyatakan gempa ini merupakan gempa bumi utama dari rangkaian gempa pendahuluan.
kompas.com

Petugas membawa pasien keluar dari rumah sakit saat terjadi gempa bermagnitudo 7 di Lombok, Nusa Tenggara Barat, Minggu (5/8/2018).(AFP PHOTO/RITA SISWATI)

"Mengingat pusat gempanya sama dengan gempa bumi yang terjadi tanggal 29 Juli 2018 lalu maka BMKG menyatakan gempa bumi ini merupakan gempa bumi utama, atau main shock dari rangkaian gempa bumi yang terjadi sebelumnya," kata dia.
Seiringan dengan berita tersebut, warganet juga tertarik dengan adanya hunian tahan gempa yang berada di nigeria. Seperti apa yah?
True Activist mengungkapkan, proyek pembangunan rumah-rumah memanfaatkan limbah botol plastik.

Enggak nyangka iDEA lovers, ternyata berkat material lumpur dan botol platik di rumah tersebut, buat rumah lebih aman dari bahaya gempa bumi dan kebakaran.

tribun news

Gempa 7,0 SR Guncang Lombok, Tilik Hunian Tahan gempa dan Tahan Api di Nigeria!

Trus Activist didirikan oleh dua organisasi non-pemerintah, yaitu Asosiasi Pembangunan Energi Terbarukan (DARE) yang Berbasis di Kaduna, Nigeria dan Organisasi Masyarakat Afrika yang berbasis di London, inggris.

Baca jugaIntip Yuk Rumah Super Model Kate Moss yang Sama Cantiknya Seperti Sang Pemilik

Hunian tahan gempa tersebut ditujukan untuk para tunawisma yang berlokasi di Nigeria.

Tahap awal saat membangun rumah botol plastik adalah mengisi botol plastik dengan pasir.

tribun news

Gempa 7,0 SR Guncang Lombok, Tilik Hunian Tahan gempa dan Tahan Api di Nigeria!

Selanjutnya, menyiapkan lumpur dan semen digunakan untuk menyatukan botol-botol tersebut sehingga menghasilkan dinding yang kokoh.

Seperti yang iDEA kutip daritribunnews, dibutuhkan sekitar 14.000 botol untuk membangun satu rumah dengan dua kamar tidur.

Baca jugaAgar Rumah Sehat, Benda-benda ini Sebenarnya Wajib Dibersihkan

tribun news

Gempa 7,0 SR Guncang Lombok, Tilik Hunian Tahan gempa dan Tahan Api di Nigeria!

DiNigeria, terdapat tiga jutalimbah botol plastiksetiap hari sehingga mereka belum menemukan masalah dalam pasokan bahan bangunan utama yaitubotol plastikbekas.

Pasir dalam botol juga membantu menjaga suhu ruangan agar tetap rendah. Sehingga sangat cocok untuk digunakan di negara-negara sepertiNigeriayang memiliki suhu panas.

Editor : Maulina Kadiranti

Baca Lainnya