Rawan Gempa, Jepang Buat Rumah Tahan Gempa Dengan Material Styrofoam!

Senin, 06 Agustus 2018 | 19:00
resources.realestate.co.jp

Rumah tahan gempa di Jepang

iDEAonline-Kalau mendengar kata “Styrofoam” pasti yang terlintas kamu adalah wadah makanan yang sulit terurai kan? Tetapi untuk salah satu produsen rumah di Jepang, styrofoam justru dijadikan sebagai material rumah.

Bahkan rumah-rumah berbahan Styrofoam ini diklaim semakin popular sebagai rumah tahan gempa. Keunggulan lainnya rumah ini murah dan cepat dibangun serta memiliki sifat insulasi panas yang tinggi.

Japan Dome House – produsen rumah- sudah mulai menjual rumah berbahan Styrofoam sejak 15 tahun terakhir. Tetapi penjualan rumah ini semakin meroket.

Gempa pada April 2016 yang menjadi penyebabnya. Gempa 7,0 SR melanda perfektur Kumamoto dan menewaskan 49 orang serta melukai lebih dari 3.000 orang.

Tercatat sebanyak 44.000 orang harus dievakuasi dari rumah mereka yang ambruk atau terbakar.

Namun hal berbeda justru terdapat di Kyushu’s Village Zone. Komplek perumahan terdiri dari 480 rumah kubah yang didirikan oleh Japan Dome House ini justru tidak mengalami kerusakan apapun.

Baca juga:Gempa 7,0 SR Guncang Lombok, Tilik Hunian Tahan gempa di Nigeria!

resource.realestate.co.jp

Japan Dome House

Styrofoam yang direkatkan untuk menjadi fondasi rumah ini memilikiberat hanya 80 kg dan dikombinasikan dengan material balok untuk membuatnya kokoh menahan getaran gempa bumi yang kuat.

Rumah ini tentunya tidak mengguankan Styrofoam biasa, bukan menggunakan Styrofoam yang sama dengan yang digunakan untuk wadah makanan.

Baca juga:Kenyataan Menyakitkan, Segini Gaji Ideal yang Harus Dimiliki ketika Beli Rumah Rp 300 Juta

Dilansir dari resorce.realestate.co.jo, styrfoam yang digunakan sudah dikembangkan dengan memperluas monomer stirena sekitar 20% serta meminimalkan penyerapan oksigen.

Hal ini terbukti bisa menjadikan material Styrofoam lebih kuat serta menjaga insulasinya yang tinggi.

resource.realestate.co.jp

Japan Dome House

Rumah kubah berbahan Styrofoam ini selain ringan, juga membutuhkan waktu pembangunan yang relatif lebih cepat. Hanya membutuhkan waktu satu minggu oleh tim yang terdiri dari tiga orang.

Styrofoam juga termasuk bahan yang awet karena tidak membusuk, tidak berkarat dan tidak terkena infeksi rayap.

resource.realstate.co.jp

Japan Dome House

Keuntungan lainnya dari rumah ini adalah bisa disesuaikan dengan penggunaan dan selera pemiliknya. Pemilik rumah bisa menjadikan ini sebagai tempat tinggal, wisma atau hotel. Mereka juga bisa memberikan sentuhan dekorasi pada bagian interiornya.

resource.realstate.co.jp

Japan Dome House

Selain sebagai rumah tinggal, rumah dome styrofome ini juga bisa digunakan sebagai tempat tinggal sementara saat terjadi bencana. Alasannya karena pembangunannya yang cepat dan biayanya relatif murah.

Baca juga:Lemari Built In, Solusi Penyimpanan Pakaian Sesuai Kebutuhan. Ini Alasannya!

resource.realstate.co.jp

Japan Dome House

Seperti hunian pada umumnya, rumah dome styrofoam ini juga memiliki beragam fasilitas. Tentunya terdapat pula kamar mandi. Dengan biaya sekitar¥ 7 juta dan ¥ 8 juta ($ 68.700 dan $ 78.500), rumah ini dirasa lengkap dan tahan gempa bumi.

Editor : Maulina Kadiranti

Baca Lainnya