Tidak Hanya Cantik, 5 Jembatan Ini Juga Menjadi Tempat 'Favorit' Untuk Bunuh Diri

Kamis, 23 Agustus 2018 | 21:00
flickr

Jembatan

IDEA online -Di dunia terdapat jembatan-jembatan unik nan megah.

Bahkan juga ada yang menjadi landmark suatu kota atau suatu negara.

Befungsi sebagai media penyebrangan yang menghubungkan dua tempat, ternyata fungsi jembatan tidak sampai disitu.

Ada beberapa orang yang menjadikan jembaatn sebagai tempat ‘favorit’ untuk melakukan bunuh diri.

Bahkan angka bunuh diri dengan latar tempat yaitu jembatan tiap tahunnya naik dan akhirnya menjadikan jembatan dengan arsitektur yang indah itu sebagai tempat yang menakutkan.

Berikut adalah 5 jembatan yang menjadi spot ‘favorit’ orang untuk melakukan bunuh diri.

Baca juga:Uji Nyali Bikin Merinding di Bailong Elevator, Lift Tertinggi di Dunia

georgepechtol

Prince Edward Viaduct

  1. Prince Edward Viaduct
Jembatan ini terletak di Toronto, Ontario, Canada. Pada awal dibangunnya jembatan ini, keamanan dan kesadaran akan kemungkinan terjadinya tindakan bunuh diri di jembatan ini sangat rendah.

Orang dapat dengan mudahnya melompat karena pegangan yang sangat rendah, bahkan ada pula yang jatuh karena ketidaksengajaan. Angka memperlihatkan bahwa setidaknya ada 1 orang dalam 22 hari yang melakukan bunuh diri di tempat ini.

Karena hal ini, akhirnya dibuatlah pengaman besi dan upaya ini berhasil mencegah tindakan bunuh diri.

Sampai saat ini, tercatat ada sekitar 400 kasus bunuh diri di jembatan ini.

Baca juga:Ajaib! Kotor dan Bau di Dapur Hilang Seketika dengan 4 Bahan Ini

common.wikimedia.org

Aurora Bridge

  1. Aurora Bridge
Jembatan yang berada di Seattle, Washington DC, Amerika Serikat ini memiliki nama asli George Washington Memorial Bridge.

Percobaan bunuh diri pertama di jembatan ini bahkan sudah dilakukan sebelum dibuka untuk umum pada 1932. Jembatan ini bahkan juga digunakan sebagai tempat untuk studi dan riset cara menghindari percobaan bunuh diri.

Sejak 1932, telah diketahui ada 230 kasus bunuh diri dan puncaknya antara tahun 1997 dan 2007 sudah ada 50 kasus.

Baca juga:Meski Dihantam Gempa bermagnitudo 7, Rumah Adat Ini Tetap Kokoh, Loh!

mtlblog

Jacques Cartier Bridge

  1. Jacques Cartier Bridge
Jembatan ini terletak di Montreal, Quebec, Canada. Di negaranya sendiri, jembatan ini merupakan jembatan paling ramai kedua yang diperkirakan ada 35,4 juta kendaraan yang melalui jembatan ini tiap tahunnya.

Total kasus bunuh diri di jembatan iniyaitu 143 kasus. Dan akhirnya pada 2004, penghalang ditujukan untuk mencegah bunuh diri dibangun. Sebelum dibuat penghalang, setidaknya ada 10 orang yang melakukan bunuh diri di jembatan ini tiap tahunnya.

Baca juga:Kamala House Karya Balkhrisna Doshi, Arsitek India Peraih Penghargaan Pritzker

Getty Images North America
George Rose/Time

Golden Gate

  1. Golden Gate Bridge
Jembatan yang merupakan landmark dari kota San Fransisco ini dibangun pada 1937 dan merupakan tempat paling sering melakukan bunuh diri kedua di dunia. Sejak dibangun, sudah ada 1500 kasus bunuh diri yang terjadi di tempat ini.

Pada akhirnya, otoritas setempat memutuskan untuk menambahkan jaring pada bagian bawah jembatan yang menggantung setinggi 6 meter yang berfungsi untuk menopang orang yang melakukan bunuh diri.

Namun, rencana ini sempat menuai protes warga setempat yang menganggap dana yang dikeluarkan terlalu besar dan mengurangi keindahan jembatan ini.

Baca juga:Wah, Bangunan Aneh yang Tidak Simetris Ini Ternyata Tahan Gempa

highestbridge

Yangtze River Bridge

  1. Yangtze River Bridge
Sejak tahun 1968 hingga 2006 sudah ada 2.000 kasus bunuh diri di jembatan yang berlokasi di Nanjing, Tiongkok ini. Bahkan tempat ini akhirnya mendapat predikat sebagai tempat terfavorit untuk melakukan bunuh diri.

Dilansir dari tribunnews, orang bernama Chen Si akhirnya secara sukarela mencegah orang-orang yang hendak bunuh diri di jembatan ini.

Baca juga:Penuh Sejarah, Masjid Mungil Ini Miliki Perpaduan 4 Budaya

Selama 13 tahun terakhir dari 2003 hingga 2016, Chen sudah menyelamatkan 300 orang yang hendak mengakhiri nyawa mereka di jembatan ini. Setiap akhir pekan Chen akan pergi ke jembatan dengan sepeda motor dan berjalan kaki.

Ketika melihat orang yang mencurigakan, dia akan mengajak berbicara orang tersebut dan membujuknya untuk mengurungkan niatnya.*

Editor : Maulina Kadiranti

Baca Lainnya