Integrasi Keindahan Alami Pohon pada Hunian Bergaya Kontemporer

Senin, 27 Agustus 2018 | 21:10

tree house

IDEAonline - Pepohonan adalah karya arsitektur alami yang sempurna. Selain indah, pepohonan juga meneduhkan dan melindungi dari perubahan musim.

Sangatlah beruntung jika kita bisa mengikutsertakan pepohonan ke dalam desain eksterior dan interior rumah, menyatukannya dengan semua elemen desain lainnya.

Pohon menjadi elemen desain yang cocok untuk arsitektur rumah bergaya kontemporer yang memang selalu dikaitkan dengan alam.

Lalu, bagaimana cara mengaplikasikannya? Simak ulasan berikut.

Pohon yang ada di lahan rumah

tree house

Baca Juga: Seharga Rp 73 M, Rumah Baru Justin Bieber Ada Area Balap Kudanya!

Untuk tumbuh dewasa, pohon memerlukan waktu belasan, puluhan, bahkan ratusan tahun.

Sangatlah disayangkan jika memotong dan membuangnya ketika membangun sebuah rumah di sekelilingnya.

Manfaatkan segala kelebihan pohon yang sudah ada dengan optimal. Kekuatannya bisa juga mendukung struktur.

Keunikan bentuk cabangnya bisa berfungsi sebagai keindahan interior. Warna cokelat alaminya akan menambah kehangatan ruang.

Cermati karakteristik pohon

tree house

Baca Juga: Anthony Ginting dan Jonathan Christie Sekamar, Begini Isi Asramanya!

Setiap jenis pohon memiliki karakteristik tersendiri.

Ada yang tahan perubahan musim dan selalu hijau. Ada juga yang akan meranggas di musim kemarau.

Karakterisistik ini harus dipertimbangkan saat perancangan agar tidak menjadi kendala, tetapi menjadi elemen yang bersatu dengan ruang maupun struktur bangunan.

Nikmati kesejukan dan keindahannya

tree house

Baca Juga: Diangkat Jadi PNS, Tilik Kamar Tidur si Tampan Jonatan Christie

Pemilik rumah yang peduli lingkungan bahkan rela mengeluarkan biaya ekstra untuk mengintegrasikan bangunannya dengan pepohonan di sekitarnya.

Kesadaran bahwa manusia adalah bagian dari alam dan harus ikut melestarikannya, akan menciptakan desain bangunan yang benar-benar memperhatikan dan menyatu dengan alam.

Desain bangunan yang menyatu dengan alam pastilah unik, fungsional, nyaman, dan artistik.

Perhitungkan posisi akarnya

tree house

Baca Juga: Anti Mainstream! Ini 4 Cara Pintar Bersihkan Peralatan dengan Spons

Perencanaan bentuk dan perhitungan struktur bangunan harus memperhatikan letak akar agar terencana dengan baik; tidak merusak pohon sehingga akhirnya mati.

Pertimbangan ini juga sebagai langkah pencegahan agar tidak menjadi kendala saat pembangunan.

Perletakan pondasi, jarak tiang, dan sloof bangunan harus diperhitungkan dengan cermat.

Cukupi Kebutuhan airnya

Setiap pohon memerlukan air untuk bertahan hidup dan tumbuh subur.

Pusatkan aliran air dari atap dan lingkungan sekitar untuk mencukupi kebutuhannya.

Jauhkan dari saluran buangan air limbah, terutama dari kamar mandi dan area cuci.

Menanam pohon baru

tree house

Baca Juga: 4 Tips Merancang Dapur Mungil Efisien Dengan Sistem Zonanisasi

Jika tidak ada pohon yang bisa diikutsertakan dalam perancangan interior rumah, tanamlah yang baru.

Konsep ini dikenal sebagai inner courtyard.

Sediakan lahan yang cukup

Keterbatasan lahan menjadi tantangan dalam inner courtyard.

Pemilihan jenis tanaman yang tahan uji menjadi kunci kesuksesan inner courtyard yang terintegrasi dengan keseluruhan desain.

Pastikan pohon mendapatkan cukup pencahayaan alami

tree house

Baca Juga: Contek 3 Trik Cerdas Mengatur Lemari Pakaian agar Muat Banyak dan Rapi

Tanpa matahari, tanaman tidak bisa berfotosintesis dan akan mati. Tanaman akan tumbuh dengan baik jika disediakan pencahayaan yang cukup.

Tidak perlu cahaya matahari langsung. Bisa juga pantulan cahaya matahari saja.

Menanam pohon baru Jika tidak ada pohon yang bisa diikutsertakan dalam perancangan interior rumah, tanamlah yang baru. Konsep ini dikenal sebagai inner courtyard. Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Pohon dalam Rumah, Arsitektur Nan Sempurna", https://properti.kompas.com/read/2018/08/26/100000621/pohon-dalam-rumah-arsitektur-nan-sempurna. Editor : Hilda B Alexander
Setiap pohon memerlukan air untuk bertahan hidup dan tumbuh subur. Pusatkan aliran air dari atap dan lingkungan sekitar untuk mencukupi kebutuhannya. Jauhkan dari saluran buangan air limbah, terutama dari kamar mandi dan area cuci. Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Pohon dalam Rumah, Arsitektur Nan Sempurna", https://properti.kompas.com/read/2018/08/26/100000621/pohon-dalam-rumah-arsitektur-nan-sempurna. Editor : Hilda B Alexander
Perencanaan bentuk dan perhitungan struktur bangunan harus memperhatikan letak akar agar terencana dengan baik; tidak merusak pohon sehingga akhirnya mati. Pertimbangan ini juga sebagai langkah pencegahan agar tidak menjadi kendala saat pembangunan. Perletakan pondasi, jarak tiang, dan sloof bangunan harus diperhitungkan dengan cermat. Ingatlah, pohon yang ada dimaksudkan untuk mendukung karakter bangunan dan bukan sebagai penghambat. Carilah solusi terbaik untuk desain bangunan yang menyatu dengan alam, tetapi tetap berfokus pada kebutuhan penghuninya. Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Pohon dalam Rumah, Arsitektur Nan Sempurna", https://properti.kompas.com/read/2018/08/26/100000621/pohon-dalam-rumah-arsitektur-nan-sempurna. Editor : Hilda B Alexander
Nikmati kesejukan dan keindahannya Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Pohon dalam Rumah, Arsitektur Nan Sempurna", https://properti.kompas.com/read/2018/08/26/100000621/pohon-dalam-rumah-arsitektur-nan-sempurna. Editor : Hilda B Alexander
Rumah Pohon berarti membangun rumah di atas pohon. Tetapi, bagaimana dengan menyatukan pohon yang besar itu ke dalam desain rumah kontemporer? Bayangkan integrasi keindahan alami dari batang dan cabang pohon dengan ruang-ruang di dalam rumah. Pepohonan adalah karya arsitektur alami yang sempurna. Selain indah, pepohonan juga meneduhkan dan melindungi dari perubahan musim. Sangatlah beruntung jika kita bisa mengikutsertakan pepohonan ke dalam desain eksterior dan interior rumah, menyatukannya dengan semua elemen desain lainnya. Berikut beberapa hal penting yang perlu diperhatikan. Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Pohon dalam Rumah, Arsitektur Nan Sempurna", https://properti.kompas.com/read/2018/08/26/100000621/pohon-dalam-rumah-arsitektur-nan-sempurna. Editor : Hilda B Alexander

Editor : Maulina Kadiranti

Baca Lainnya