Kamar Mandi ala Feng Shui, Ternyata Ini Cara Mendesainnya Lho!

Kamis, 22 Juni 2023 | 16:23
Freshome.com

Kamar mandi yang terletak di tengah-tengah bangunan membuatnya tidak bisa memiliki ventilasi yang baik, sehingga udara dari ruang ini akan menyebar ke seluruh bagian rumah.

IDEAonline - Ada 3 bagian terpenting dari sebuah bangunan menurut ilmu fengsui.

Ketiganya adalah pintu utama, kamar tidur, dan dapur.

Pintu utama sebagai akses masuk energi ke dalam rumah.

Kualitas energi yang masuk ke dalam rumah ditentukan oleh kualitas dari sektor dan arah hadap letak pintu utama tersebut.

Meski tidak termasuk dalam tiga bagian terpenting dari sebuah bangunan menurut ilmu fengsui, kamar mandi tetaplah perlu diperhatikan.

Baca Juga : Ini 7 Ciri Rumah yang Buruk Menurut Feng Shui, Bisa Jadi Konflik Keluarga!

Bagaimana meletakkan kamar mandi di rumah sesuai Feng Shui?

Menurut pandangan Feng Shui ada banyak hal yang perlu diperhatikan seperti letak kloset, posisi kloset, serta keterkaitannya dengan lingkungan.

Selain itu juga harus disesuaikan dengan fungsi ruang lainnya seperti kamar tidur atau dapur.

Dalam menentukan posisi toilet ini, biasanya dihadapkan pada alasan yang dikaitkan dengan penjabaran filosofis berdasarkan nilai-nilai budaya yang berlaku.

Penjabaran ini digunakan untuk menjelaskan berbagai dampak yang ditimbulkan oleh keberadaan toilet yang ada di dalam maupun yang berada di luar/lingkungan rumah.

Menurut Mas Dian, MRE, penjabaran secara filosofis memang lebih populer dibanding penjabaran melalui rumusan Feng Shui yang biasanya disertai dengan suatu peringatan yang dikaitkan dengan faktor rezeki, sakit, dan kemalangan lainnya.

Baca Juga : Bolehkah Posisi Tidur Menghadap ke Arah Jalan? Ini Kata Ahli Feng Shui

Sebagai tempat membuang hajat, kotoran padat dan cair menjadi limbah yang kalau tidak dikelola dengan baik akan merugikan lingkungan.

Kotoran karena bisa berubah menjadi virus/penyakit yang mematikan.

Faktor bau dan virus dari limbah WC adalah objek yang tidak tampak, yang dalam Feng Shui disebut sebagai Sha Qi atau energi pembunuh.

Kalau letak WC menurut Feng Shui posisinya salah, biasanya energi Sha Qi juga akan membesar.

Sedangkan pada WC yang letak dan ventilasinya benar maka energi jahatnya juga akan melunak atau tidak merugikan para penghuni rumah.

Baca Juga : Panduan Pasang Cermin Sesuai Feng Shui di Rumah, Tolak Energi Negatif

changeua.com
changeua.com

Menurut pandangan Feng Shui ada banyak hal yang perlu diperhatikan seperti letak kloset, posisi kloset, serta keterkaitannya dengan lingkungan.

Menurut Mas Dian, MRE, ahli feng shui, mencontohkan kamar mandi yang salah menurut Feng Fhui adalah WC yang terletak di tengah-tengah bangunan.

Kamar mandi dan WC di posisi ini tentunya tidak bisa memiliki ventilasi (aliran udara dan sinar) yang baik karena tidak ada saluran udara yang memungkinkan sirkulasi secara alami.

Udara yang bau dari hasil pemakaian WC secara otomatis akan menyebar bebas ke seluruh penjuru rumah karena posisi WC ada di bagian tengah ruang yang tidak memiliki ventilasi yang baik.

Selain itu, kamar mandi di bagian tengah bangunan juga akan memelihara kelembapan yang tinggi, padahal virus penyakit paling suka berkembang di tempat yang tidak sehat, gelap, dan lembap.

Baca Juga : 5 Tips Feng Shui Ini Dipercaya Bikin Rezeki di Rumah Mengalir Lho!

Keadaan semacam ini tentunya akan merugikan keberuntungan hidup khususnya pada sisi kesehatan.

Komposisi WC dan kamar mandi yang tidak baik ini menurut Feng Shui maupun kaca mata metafisik sama-sama menghasilkan dampak yag merugikan kehidupan penghuninya.

Desain Kamar Mandi Sesuai Feng Shui

Dengan demikian, kamar mandi yang baik menurut feng shui setidaknya adalah sebagai berikut.

Baca Juga : Catat, 5 Alasan Mengapa Kamu Harus Melakukan Renovasi Kamar Mandi

  1. Kamar mandi tidak terletak di sektor tengah bangunan
  2. Lubang kloset tidak boleh mengarah langsung ke pintu kamar mandi.Pemahaman yang banyak ditemukan dalam masyarakat luas, lubang kloset tidak boleh mengarah ke jalan (bagian depan rumah). Hal ini sangat tidak benar.
  3. Kamar mandi boleh diletakkan di bawah tangga, sejauh terdapat ventilasi yang cukup.
  4. Hindari posisi pintu kamar mandi berhadapan langsung dengan tempat tidur dan dapur.
  5. Peletakan kamar mandi yang tepat baru dapat dilakukan setelah mengetahui arah hadap bangunan secara tepat (berapa derajat) dan tahun pembangunan bangunan tersebut.Hal ini diKarenakan dari kedua data tersebut, dapat ditentukan peta energi sebuah bangunan. (*)
Baca Juga : Jadi Sarang Penyakit, Ini Dia Cara Tepat Membersihkan Kamar Mandi!

Business Insider
Business Insider

lubang kloset tidak boleh mengarah langsung ke pintu kamar mandi.

Hal ini diKarenakan dari kedua data tersebut, dapat ditentukan peta energi sebuah bangunan. (*)

Baca Juga : Bolehkah Tiga Kamar Berderet di Rumah? Ini Kata Ahli Feng Shui

Editor : Alfa