Follow Us

Tak Sembarang, Ada 7 Prinsip Dalam Menata Ruang di Rumah!

Sabrina Alisa - Minggu, 25 September 2016 | 03:00
Tak Sembarang Ada 7 Prinsip Dalam Menata Ruang di Rumah
Sabrina Alisa

Tak Sembarang Ada 7 Prinsip Dalam Menata Ruang di Rumah

iDEAonline.co.id - Ya, menata ruang di rumah tidak bisa asal-asalan. Ada 7 prinsip penting yang harus diperhatikan untuk menghasilkan rumah yang rapi serta teratur. Memiliki rumah yang terorganisasi dengan baik, akan memunculkan perasaan nyaman bagi penghuninya. Namun, mencari tahu harus memulai dari mana, mungkin memusingkan Anda.

Sebenarnya, tak perlu pusing-pusing. Anda hanya perlu menekankan apda 7 prinsip penataan yang dapat Anda terapkan pada ruang apa pun dalam rumah dan pada waktu kapan saja. Inilah 7 prinsip tersebut.

1. Kenali zona aktif dan pasif

Zona aktif adalah tempat di rumah yang Anda lewati atau sentuh setiap hari atau beberapa kali sehari. Sementara zona pasif adalah ruang yang lebih jarang digunakan di rumah Anda. Sebuah kesalahan pengorganisasian umumnya terjadi pada zona aktif utama, di mana Anda malah menempatkan item yang tidak perlu di zona tersebut.

2. Membuat penyimpanan terbuka yang indah

Setiap rumah dapat menggunakan kombinasi penyimpanan terbuka dan tertutup. Tapi, khusus di rak terbuka, barang-barang yang Anda pilih harus menarik secara visual. Misalnya, Anda menyimpan benda-benda cantik sebagai aksesoris atau dekorasi. Hindari menyimpan papan permainan dan tumpukan video game di rak ini.

3. Wadah yang mudah ditemukan

Toples yang transparan sangat ideal ketika Anda ingin bisa melihat isinya dalam sekilas. Jika Anda menggunakan wadah yang tidak transparan, pastikan untuk melabelinya dengan jelas. Cara unik lainnya adalah dengan memasang foto dari objek di dalamnya.

4. Siapkan tempat untuk memudahkan penyimpanan

Hal ini adalah yang paling penting ketika berbicara tentang barang anak-anak. Untuk meningkatkan kemungkinan barang yang dimasukkan kembali ke tempatnya, gunakan kantong atau keranjang yang mudah dijangkau.

5. Kelompokkan sesuai fungsinya

Ketika Anda mengatur barang-barang Anda, kelompokkan semua yang Anda butuhkan untuk menyelesaikan tugas di tempat yang sama. Misalnya, Anda bisa membuat satu kotak untuk obat, yang lain untuk perlengkapan kantor, satu untuk cetakan-cetakan kue, dan sebagainya. Jangan lupa beri label kotak-kotak tersebut.

Halaman Selanjutnya

6. Pilih wadah yang tepat
1 2

Editor : iDEA





PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Tag Popular