Follow Us

Bersihkan Dulu Gagang Pintu dan Dudukan Toilet Umum Agar Anak Terhindar dari Covid-19!

IDEAonline - Sabtu, 18 Juli 2020 | 11:30
Anak ke toilet umum saat pandemi corona, ini yang harus dilakukan orangtua
freepik.com

Anak ke toilet umum saat pandemi corona, ini yang harus dilakukan orangtua

IDEAonline - Begini cara aman orangtua agar anak terhindar dari virus corona saat gunakan toilet umum.Jangan biarkan anak pergi seorang diri saat masuk dalam toilet.

Baca Juga: Sang Ayah Divonis Sudah Tak Bernyawa, Wanita Muda Ini Tak Terima dan Terobos Kamar Jenazah, Tak Sangka Fakta Ini yang Ia Temukan!Diketahui saat ini penyebaran virus corona masih saja jadi wabah yang menakutkan di seluruh penjuru dunia.Korban yang berjatuhan pun semakin hari semakin bertambah.Agar terhindar dari penularan Covid-19 tak ada salahnya untuk terus mengantisipasi semaksimal mungkin.Namun kadang orangtua dihadapkan pada dilema.

toilet umum
IDEA

toilet umum

Saat membawa anak-anak ke luar rumah kadang buah hati ingin pergi ke toilet, dan satu satunya tempat yang bisa dituju adalah kamar mandi umum.Lalu bagaimana peran orangtua agar anak tetap bisa buang air besar atau kecil tanpa khawatir?

Sebab anak-anak biasanya hobi menyentuh apa pun yang ia lihat dan menempelkannya pada mulut.Dr Yvonne Maldonado, MD, seorang profesor penyakit menular anak di Universitas Stanford menyebut jika kamar mandi umum biasanya miliki ruang kecil, ventilasi buruk, dan lalu lintas tinggi yang berpotensi sebarkan virus.Namun risiko tersebut tidak setinggi yang dipikirkan, karena orang di dalam toilet tak banyak lakukan kontak. Selain itu orang juga tak butuh waktu lama untuk berada di dalam toilet.

Baca Juga: Pengeluaran Habis saat Wfh karena Tagihan Listrik? Coba Tips dari yang Paling Mudah!Meski tak memiliki kemungkinan besar kamar mandi bisa menularkan virus corona namun ada tindakan yang bisa dilakukan orangtua untuk mencegahnya.Dilansir dari nytimes.com, cara paling gampang dengan tetap gunakan disinfektan."Cara terbaik untuk menangani permukaan adalah dengan tisu disinfektan dan mencuci tangan, bersihkan gagang pintu dan duduk," ujarnya.Namun anak dan orangtua tetap diwajibkan untuk gunakan masker dan menjaga jarak.

Sampai saat ini tetesan dari pernapasan jadi faktor utama yang lebih besar penyebab menyebaran virus corona.Bahkan dokter anak, Tanya Altman dari America Academy of Pediatrics menyebut seorang ibu miliki motto untuk anak-anaknya saat gunakan toilet umum.

Bersihkan toilet sebelum digunakan oleh anak
Pixabay

Bersihkan toilet sebelum digunakan oleh anak

"Jangan menyentuh apa pun, Ibu akan melakukan," ujarnya.

Baca Juga: Waspadai, Limbah Elektronik Dunia Catat Rekor Tertinggi 53,6 Juta TonOrangtua diharuskan untuk lakukan semua sentuhan permukaan toilet dan pastikan gunakan alat pelindung yang aman.Sebab jika hanya karena takut dan anak harus menahan pipis, bisa jadi malah akan timbulkan masalah kesehatan di kemudian hari.Dikutip dari Kompas.com, menahan pipis bahkan dapat berisiko pada gangguan batu ginjal.Lebih parahnya lagi jika air kemih ke atas menuju ginjal maka bakteri berbahaya pada urin akan menyerang.Bisa jadi sebabkan infeksi sampai gagal ginjal.

#BerbagiIDEA #Berbagicerita #BisadariRumah #GridNetwork

(*)

Artikel ini telah tayang di Nakita.id dengan judul Cegah Anak Tertular Virus Corona Saat Gunakan Toilet Umum, Ini yang Harus Orangtua Lakukan

Source : Nakita.ID

Editor : Maulina Kadiranti

Baca Lainnya

Latest