Follow Us

Demi Kesehatan, Ternyata Pembuatan Toilet Transparan di Jepang Miliki Makna Terselebung, Ini penjelasannya

Maulina Kadiranti - Selasa, 29 September 2020 | 13:30
Toilet Transparan
Bright Today

Toilet Transparan

IDEAonline - Setiap hari, seseorang pasti perlu ke toilet. Untuk itu, keberadaan toilet tak hanya di rumah, tetapi juga di sekolah, restoran, stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU), dan di sejumlah tempat umum lainnya.

Sebagai salah satu tempat yang digunakan oleh siapapun dan dalam kondisi apapun, maka dibutuhkan strategi dan tips jitu menggunakan toilet umum agar terhindar dari segala jenis bakteri dan penyakit yang mengintai.

Berbeda dengan toilet pada umumnya Jepang kembali meluncurkan hal untk berbentuk toilet.

Baca Juga: 13 Tahun Tidak Bersentuhan dengan Dunia Luar, Wanita Ini Harus Tinggal di Dalam Ruang Kaca karena Miliki 4 Penyakit Langka, Kisahnya Menyedihkan!

Dilansir dari intisari-online.com melalui nytimes.com (19/8/2020), Tokyo baru-baru ini meluncurkan toilet baru di dua taman umum yang bertujuan untuk mengatasi masalah-masalah toilet umumnya seperti keadaan yang gelap, kotor, dan berbahaya.

Di satu sisi toilet unik di Jepang ini memiliki warna yang terang benderang, sementara di sisi lain transparan.

Dibuatnya toilet yang trasparan bertujuan agar mereka yang perlu menggunakannya bisa mengecek kebersihan dan keamanan bilik toilet tanpa harus masuk ke dalamnya atau menyentuh apa pun.

Jepang sendiri telah lama bereksperimen dengan toilet, menghasilkan tutup yang membuka dan menutup secara otomatis dan kursi yang menghangat.

Namun, toilet yang dirancang oleh Shigeru Ban, arsitek pemenang Hadiah Pritzker, menawarkan keunikan baru.

Toilet tersebut terbuat dari 'kaca pintar' yang mengubah opasitas yang sudah digunakan di kantor dan bangunan lain untuk memberikan privasi saat dibutuhkan.

Toilet dipasang di ibu kota Jepang bulan ini, bertepatan dengan kampanye nasional untuk menghapus toilet umum kuno di kota itu menjelang Olimpiade Musim Panas yang sekarang tertunda.

Toilet transparan di Jepang
Satoshi Nagare / The Nippon Foundation via nytimes.com

Toilet transparan di Jepang

Source : intisari-online.com

Editor : iDEA

Baca Lainnya

Latest