Follow Us

Tetap Aman Hidup dengan Kebiasaan Baru Berdampingan dengan Covid-19 di Tempat Umum, Ini Caranya!

Kontributor 01 - Rabu, 25 November 2020 | 13:00
Penumpang menggunakan masker saat naik Transjakart.
kompas.com

Penumpang menggunakan masker saat naik Transjakart.

IDEAOnline-Meski pandemi Covid-19 belum berakhir, saat ini sudah dimungkinkan untuk kembali beraktivitas di luar rumah, namun tetap saja ada beragam protokol kesehatan dan aturan yang ditaati demi keamanan bersama.

Seperti misalnya melihat berapa usia yang dibolehkan untuk beraktivitas di luar rumah saat masa pandemi, yakni di bawah 45 tahun sebagaimana disampaikan pemerintah.

Selain itu, ada pula sejumlah upaya preventif yang tidak boleh ditinggalkan di mana pun kita saat meninggalkan rumah.

Ahli Epidemiologi Griffith University Australia Dicky Budiman memberikan sejumlah tips bagi kita semua saat berada di ruang publik, khususnya di dalam kendaraan umum dengan ruang terbatas dan di pusat perbelanjaan.

Kendaraan umum

Transportasi publik menjadi salah satu fasilitas yang banyak dimanfaatkan masyarakat untuk beraktivitas sehari-hari, mulai dari pergi ke kantor, pasar, bandara, stasiun, dan sebagainya.

Di tempat-tempat tersebut juga memungkinkan berkumpulnya orang dalam jumlah banyak.

Untuk itu, masyarakat harus terus menjaga diri agar aman dan terhindar dari virus corona selama berada di kendaraan umum, apapun itu, baik bus, kereta, pesawat, dan sebagainya.

Tips yang diberikan Dicky berikut sebenarnya sederhana dan sudah berulang kali mungkin kita terima di masa pandemi ini.

Namun, itulah upaya-upaya yang saat ini bisa kita lakukan.

"Selalu menggunakan masker di mana pun, termasuk di sarana transportasi publik. Jaga jaraknya, kontaknya diminimalisir antar-orang," kata Dicky dalam video pendek yang dikutip di laman Kompas.com.

Source : kompas

Editor : Maulina Kadiranti

Latest