Follow Us

Kegiatan Rumahan Ini bisa Cegah Cabin Fever saat Pandemi, Hati-hati buat Kaum Rebahan

Johanna Erly Widyartanti - Rabu, 14 April 2021 | 18:00
Cabin fever, tak merasa nyaman karena terlalu lama berdiam diri di rumah.
Kompas.com

Cabin fever, tak merasa nyaman karena terlalu lama berdiam diri di rumah.

IDEAOnline-Lamanya masa berdiam diri di rumah selama pandemi, selain memunculkan berbagai cara hidup baru yang positif, ternyata juga dapat berefek negatif.

Kondisi tak nyaman, gelisah, turunnya motivasi, mudah tersinggung, mudah putus asa, sulit konsentrasi, pola tidur tak teratur dan sulit bangun dari tidur adalah sederet kejadian yang banyak dialami di saat pandemi ini.

Dikutip dari situs www.ui.ac.id kejadian seperti ini disebut sebagai cabin fever, suatu keadaan yang menimpa seseorang yang merasa tidak nyaman di rumah (karena sebab-sebab tersebut)

Baca Juga: Ternyata Tepung Terigu Bisa Angkat Minyak Bandel di Kompor, Nyesal Baru Tahu Sekarang!

Baca Juga: Malang Benar Nasib Anak Ini, Alami Bengkak Disekujur Tubuh Usai Sentuh Tanaman Beracun, Ini Penampakan Wajahnya yang Bikin Miris!

Cabin fever oleh dr. Gina Anindyajati, SpKJ, dari Departemen Psikiatri FKUI-RSCM, mengatakan, meski sudah mulai populer untuk mendefinisikan kondisi tidak nyaman yang berkaitan dengan keadaan berdiam diri di rumah untuk jangka waktu yang lama, cabin fever sebenarnya tidak ada di pedoman diagnostik gangguan jiwa.

Mneurut gina, cabin fever tidak bisa dimasukkan sebagai suatu gangguan kejiwaan.

Secara perilaku, orang dengan cabin fever bisa mengeluh sulit untuk fokus terhadap hal yang dikerjakan, restless (tidak bisa diam, mondar mandir, fidgeting).

Selain itu gejala lain adalah lemah lesu, sulit percaya pada orang di sekitar, tidak sabaran, merasa sedih dan depresi untuk waktu yang lama.

Gejala bisa beda-beda tiap orang dan hanya dokter profesional yang bisa melakukan diagnosa akurat atas keadaan mental seseorang.

Baca Juga: Isi Waktu di Rumah Saja, Ajak Anak Memasak Bersama, Lakukan Tips Aman Ini!

Editor : Maulina Kadiranti

Baca Lainnya

Latest