Follow Us

Puasa Ramadan setelah Sembuh dari Covid-19 harus Diawasi Dokter dan Jalani Tes Khusus? Simak Ini!

Kontributor 01 - Sabtu, 17 April 2021 | 21:51
Ilustrasi pasien sembuh dari Covid-19.
Tribun Manado

Ilustrasi pasien sembuh dari Covid-19.

IDEAOnline-Memasuki tahun kedua Ramadan di masa pandemi virus corona, menjadi tantangan berat bagi umat muslim di seluruh dunia untuk menjalankan ibadah puasa, khususnya pada mereka yang baru sembuh dari Covid-19 yang ingin tetap berpuasa.

Covid-19 telah menginfeksi jutaan orang di seluruh dunia.

Tak terkecuali umat muslim yang telah sembuh dari Covid-19, dan harus menjalankan ibadah puasa.

Baca Juga: 3 Hal Paling Penting agar Sukses Menata Ulang Rumah, Mudah Diterapkan!

Dilansir dari Gulf News, Jumat (16/4/2021), dokter di Uni Emirat Arab (UEA) telah memperingatkan pasien yang telah pulih dari Covid-19 untuk memperhatikan asupan nutrisi, hidrasi, pola tidur dan kebugaran fisik, jika mereka berencana menjalankan puasa Ramadan.

Jurnal medis internasional dan organisasi seperti Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) telah memperingatkan, bahkan dua hingga tiga bulan setelah pemulihan, pasien Covid-19 cenderung akan mengalami beberapa gejala Covid-19 berkepanjangan.

Baca Juga: Buktikan Sang Anak Tak Mau Kunjungi Rumah Ibunda Walau di Bulan Suci, Indah Permatasari Justru Asik Lakukan Ini dengan Arie Keriting

Di antaranya seperti kelelahan, sesak napas, otot yang buruk, ancaman pembekuan darah dan efek samping lain setelah mengalami Covid-19.

Begini Panduan Makannya

Salah satu pasien Covid-19, Mohammad Kunhi Siddiqui, pengusaha ekspatriat India di Dubai telah pulih dari Covid-19 pada Februari lalu dan berencana menjalankan ibadah puasa Ramadan.

Namun, dia menderita berbagai komplikasi kesehatan.

Source : kompas

Editor : Maulina Kadiranti

Baca Lainnya

Latest