Follow Us

Ternyata Barang-Barang Ini jadi Sumber Polutan di Dalam Rumah, Atasi denganJenis Tanaman Ini

Johanna Erly Widyartanti - Rabu, 23 Juni 2021 | 17:00
Merokok di dalam rumah jadi salah satu sumber polutan yang terhirup keluarga.
Kompas.com

Merokok di dalam rumah jadi salah satu sumber polutan yang terhirup keluarga.

IDEAOnline-Setiap orang pasti mendambakan rumah sehat tanpa ada bahaya polutan.

Namun sepandai apapun kamu memilih material ramah lingkungan, furnitur dan perangkat rumah yang aman dan sehat, serta melakukan kegiatan rumah tangga yang ideal, polutan tetap mengincar rumah dan kesehatan kamu dan keluarga.

Pernah mendengar istilah Sick Building Syndrome (SBS)? SBS terkait dengan miskinnya kualitas udara segar di dalam gedung perkantoran ataupun rumah tinggal.

Penyebabnya adalah pencemar-pencemar di dalam ruangan; biasanya yang terintegrasi dengan material-material interior atau benda-benda yang dibawa masuk ke dalam ruangan.

Tiga polutan utamanya adalah urea formaldehyde, trichloroethylene, dan benzene.

Untuk mengatasi hal ini, setiap ruangan harus terventilasi (natural) dengan baik agar kualitas udara terjaga tetap bersih.

Beberapa rumah dan kantor yang tidak memiliki sistem ventilasi memadai menggunakan air-purifier dan teknologi pembersih udara lainnya.

Saat ini pun sudah begitu banyak inovasi di produk penjernih udara ini yang menjanjikan keamanan penggunaan dan kepraktisan.

Baca Juga: Waspadai Lead dan Mercury di Dalam Cat, Apa Bahayanya Jika Terpapar?

Lili paris jenis tanaman pilihan penyerap polutan jenis formaldehida.
tnr

Lili paris jenis tanaman pilihan penyerap polutan jenis formaldehida.

Solusi lain, bisa dibilang lebih “green” adalah dengan meletakkan tanaman di dalam ruangan (indoor plant), khususnya tanaman antipolutan. Selain dapat menangkal polutan berbahaya, kegadiran tanaman juga menjadi penghias ruang dan memberi efek psikologis yang baik.

Editor : Maulina Kadiranti

Baca Lainnya

Latest