Follow Us

Hidung Tersumbat atau Meler Ditengarai Gejala Covid-19, Cek Faktanya dan 4 Hal Harus Dilakukan

Johanna Erly Widyartanti - Rabu, 21 Juli 2021 | 18:07
Ilustrasi orang mengalami hidung meler atau tersumbat.
bt.com

Ilustrasi orang mengalami hidung meler atau tersumbat.

IDEAOnline-Neha Vyas, MD, dokter pengobatan keluarga di Cleveland Clinic mengatakan, faktanya hidung tersumbat atau hidung meler diklasifikasikan sebagai gejala virus corona oleh Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC).

Tetapi memang tidak dianggap sebagai gejala klasik Covid-19,” katanya.

Jadi, seberapa umum hidung tersumbat pada Covid-19?

Seringkali orang mengira gejala yang muncul adalah gejala flu biasa atau alergi. Karena itu, para ahli mengingatkan, selama pandemi Covid-19 ini hal terbaik adalah mengasumsikan gejala apa pun dengan Covid-19 dan segera mengisolasi diri dari orang lain.

Baca Juga: Masa PPKM Tetap Ingin Terlihat Cantik? Berikut 5 Perlengkapan Rumah Tangga Ini Bisa Digunakan untuk Beauty Hacks, Pasti Kaget!

Memang gejala Covid-19 pada setiap orang berbeda-beda. Pada orang terinfeksi Covid-19 dengan gejala ringan, gejala yang muncul bisa bermacam-macam, seperti batuk, sakit tenggorokan, atau pilek dan hidung tersumbat.

Seperti dirilis oleh Kompas.com yang memuat pernyataan CDC di Health, bahwa CDC tidak memberikan informasi tentang berapa banyak orang yang menderita gejala umum Covid-19, tetapi Organisasi Kesehatan Dunia mengungkap sebuah laporan.

Ini Faktanya

Pada bulan Februari, menjelang awal pandemi Covid-19, WHO menerbitkan laporan yang menganalisis 55.924 kasus Covid-19 yang dikonfirmasi laboratorium di China.

Laporan itu menemukan, bahwa hanya 4,8% pasien yang menunjukkan hidung tersumbat sebagai tanda atau gejala infeksi Covid-19.

Angka tersebut jauh lebih rendah dibandingkan persentase pasien yang melaporkan gejala yang lebih umum, seperti demam (87,9%), batuk kering (67,7%), dan kelelahan (38,1%).

Editor : Maulina Kadiranti

Baca Lainnya

Latest