Follow Us

Tak Perlu Takut Berlebihan dengan Reaksi Usai Suntik, Ini Alasan Kenapa Jangan Minum Obat Pereda Nyeri Sebelum Vaksin Covid-19

Maulina Kadiranti - Kamis, 22 Juli 2021 | 11:38
Obat sakit kepala justru bisa memicu migrain.
freepik

Obat sakit kepala justru bisa memicu migrain.

IDEAOnline - Vaksinasi COVID-19 di Indonesia dijadwalkan berlangsung sejak awal tahun depan. Saat ini pemerintah Indonesia disebut telah mengamankan jutaan dosis vaksin COVID-19.

Sesuai anjuran pemerintah, orang yang mendapat vaksin COVID-19 adalah kelompok usia 18-59 tahun. Artinya, mereka yang diluar kelompok tersebut seperti lansia dan anak-anak, belum boleh menerima vaksin.

"Pada vaksin yang saat ini sedang diuji, tidak boleh untuk anak-anak karena belum ada penelitian pada anak-anak," ujar Prof Iris.

Vaksin bisa memberikan reaksi berbeda. Dalam sejumlah kasus, vaksin juga bisa menjadi tidak efektif.

Baca Juga: Bukan Hanya Prokes, Ibu-ibu Hamil Coba Lakukan Hal Ini untuk Cegah Penularan Covid-19, Jangan Stres Salah Satunya

Baca Juga: Masa PPKM Tetap Ingin Terlihat Cantik? Berikut 5 Perlengkapan Rumah Tangga Ini Bisa Digunakan untuk Beauty Hacks, Pasti Kaget!

Meskipun ada beberapa efek samping vaksin yang umum terjadi setelah divaksin, namun masyarakat dianjurkan untuk tidak mengonsumsi painkiller alias obat pereda nyeri sebelum sesi vaksin. Apa sebabnya?

Penjelasan Ahli mengenai tak boleh minum obat sebelum vaksin

Mengutip kompas.com, Pakar Virologi dan Imunologi UGM, Mohamad Saifudin Hakim menjelaskan melalui laman ugm.ac.id bahwa obat pereda nyeri sebaiknya tidak dikonsumsi sebelum vaksin, kecuali ada anjuran dari dokter karena kondisi khusus.

"(Sebab) sakit yang muncul setelah suntikan vaksinasi adalah kondisi yang normal," ungkapnya. Adapun beberapa efek samping yang umum dialami setelah vaksinasi Covid-19, seperti sakit kepala, mual, nyeri di tempat suntikan, mengantuk, hingga nyeri otot.

Baca Juga: Pilih Isoman di Rumah Saja? Ini Syarat Minimal Desain Rumah yang Aman

Baca Juga: Sekarang Ibu-ibu Bisa Berjemur Sambil Bercocok Tanaman, Begini Caranya, Cocok untuk Tingkatkan Imun!

Source : kompas

Editor : Maulina Kadiranti

Baca Lainnya

Latest