Follow Us

Kontrol Polusi Cahaya Saat Hamil, Jika Tidak Akibatnya Bisa Fatal

Sesilia Alexandra - Minggu, 19 September 2021 | 12:00
Akibat polusi cahaya di malam hari terhadap kehamilan
Verywell Family

Akibat polusi cahaya di malam hari terhadap kehamilan

IDEAonline - Menurut sebuah penelitian, wanita yang ingin hamil atau sedang menantikan kelahiran sang buah hati harus menghindari cahaya di malam hari.

Kegelapan di malam hari memiliki peran penting untuk kesehatan reproduksi yang optimal pada wanita, dan untuk melindungi janin yang sedang berkembang, menurut Russel J. Reiter, seorang profesor biologi seluler di Pusat Ilmu Kesehatan Universitas Texas di San Antonio.

Dalam tinjauan studi yang diterbitkan secara online pada 1 Juli di jurnal Fertility and Sterility, Reiter dan rekan-rekannya mengevaluasi penelitian yang diterbitkan sebelumnya, dan merangkum peran tingkat melatonin dan ritme sirkadian pada reproduksi yang sukses pada wanita.

Bukti menunjukkan bahwa "Setiap kali Anda menyalakan lampu di malam hari, ini menurunkan produksi melatonin," kata Reiter.

Melatonin, hormon yang disekresikan oleh kelenjar pineal di otak sebagai respons terhadap kegelapan, penting ketika wanita mencoba untuk hamil, karena melindungi sel telur mereka dari stres oksidatif, kata Reiter.

Melatonin memiliki sifat antioksidan kuat yang melindungi sel telur dari kerusakan akibat radikal bebas, terutama saat wanita berovulasi.

Baca Juga: Begini Cara Cegah Pertumbuhan Jamur pada Perabot Rumah, Mudah!

"Jika wanita sedang mencoba untuk hamil, pertahankan setidaknya delapan jam periode gelap di malam hari," sarannya. "Siklus terang-gelap harus teratur dari satu hari ke hari berikutnya; jika tidak, jam biologis wanita akan kacau."

Delapan jam kegelapan setiap malam juga optimal selama kehamilan, dan idealnya, tidak boleh ada gangguan kegelapan malam hari dengan cahaya, terutama selama trimester terakhir kehamilan, kata Reiter.

Menyalakan lampu di malam hari menekan produksi melatonin pada wanita, dan berarti otak janin mungkin tidak mendapatkan jumlah melatonin yang tepat untuk mengatur fungsi jam biologisnya, katanya.

Penelitian pada hewan menunjukkan bahwa gangguan di lingkungan terang dan gelap ibu mungkin terkait dengan masalah perilaku pada bayi baru lahir.

Source : livescience

Editor : Maulina Kadiranti

Baca Lainnya

Latest