Follow Us

Hati-Hati, Terlalu Banyak Rebahan selama Pandemi Bisa Berisiko Diabetes

Kontributor - Minggu, 19 September 2021 | 11:00
Rebahan tingkatkan risiko diabetes
Fotolia/runzelkorn

Rebahan tingkatkan risiko diabetes

IDEAOnline - Selama pandemi, kita seakan "dipaksa" untuk menghabiskan sebagian besar waktu kita di rumah.

Tidak dapat dimungkiri, area gerak kita saat di rumah pun menjadi dibatasi.

Terlebih lagi, rebahan menjadi salah satu aktivitas favorit kita saat di rumah.

Namun, rupanya tidak banyak bergerak di rumah dapat berakibat buruk pada kesehatan.

Dampak pandemi Covid-19 ternyata berisiko pada kontrol glikemik yang sangat buruk bagi orang-orang, bahkan bagi mereka yang tidak memiliki riwayat apa pun.

Dari kurangnya aktivitas fisik, kebiasaan makan yang tidak sehat dan fokus yang tidak merata hingga pemeriksaan dan tindakan pencegahan, semua faktor ini telah bertindak sebagai risiko besar untuk peningkatan gula darah, yang, pada gilirannya, telah mendorong banyak orang menjadi pradiabetes atau membuat mereka diabetes

Baca Juga: Sudah Tak Tinggal Bersama Sang Anak, Siapa Sangka Mama Amy Sempat Miliki Ruang Rahasia di Rumah Andara, Kira-kira Gunanya Apa?

Baca Juga: Jangan Tidur Tengkurap Lagi, Dampaknya Buruk bagi Kesehatan!

Dikutip dari JAMA Network, persatuan dokter penyakit endokrin di Amerika Serikat telah memperingatkan bahwa risiko diabetes yang akibat pandemi Covid-19 lebih besar bagi mereka yang sudah berisiko seperti riwayat gaya hidup yang tidak banyak bergerak, kelebihan berat badan, BMI tinggi, menderita PCOS dan karenanya, harus tetap memeriksakan diri.

Dokter Mirsha Chandalia, salah satu anggota perkumpulan dokter tersebut mengatakan, yang menjadi masalah adalah banyak orang yang tidak sadar risiko ini dan bahwa dirinya malah sudah terkena diabetes.

Oleh karena itu, di masa pandemi Covid-19 setiap keluarga hendaknya berinvestasi adalah pada glukometer, yaitu alat pengukur gula darah, terutama bila penghuni rumah sudah berusia 30 tahun ke atas.

Baca Juga: Ngapain Beli Baru! Coba Bersihkan Gorden dengan Campuran Penyedap Rasa dan Deterjen, Ibu-ibu Pasti Girang dengan Hasilnya

Source : health.grid.id

Editor : Maulina Kadiranti

Baca Lainnya

Latest