Follow Us

Ini Pilihan Jenis Cat Interior untuk Hasil Akhir Halus dan Tidak Mengilap  

Kontributor 01 - Selasa, 12 Oktober 2021 | 14:00
Ilustrasi orang mengecat dinidng interior rumah.
DIYnetwork

Ilustrasi orang mengecat dinidng interior rumah.

IDEAOnline-Saat melakukan pekerjaan pengecatan, sebelum dipusingkan dengan pemilihan warna yang tepat, IDEA Lovers akan disibukkan dnegan pemilihan jenis cat yang akan dipakai.

Memilih jenis cat yang tepat untuk dekorasi interior bukanlah hal mudah. Pekerjaan ini bisa menjadi sulit karena dihadapkan pada begitu banyak pilihan dan jenis cat.

Memilih jenis cat tentu saja harus disesuaikan dengan tujuan penggunaannya, lokasi pengaplikasian, dan juga pastinya kesan yang ingin didapatkan.

Untuk cat interior saja begitu banyak pilihan, karena tidak semua ruang punya tuntutan yang sama terhadap hasil tampilan pengecatan untuk mewujudkan suasana yang diinginkan.

Baca Juga: Ini Pilihan dan Tips Aplikasi Cat Eksterior Tahan Cuaca untuk Dinding Luar dan Pagar

Cat vinil matte adalah cat untuk dinding interior dengan tampilan halus yang tidak mengilap.

Bagaimana cara membedakan keduanya, dan mana yang terbaik di antara keduanya?

Cat vinil matte adalah emulsi berbahan dasar air yang telah ditambahkan sejenis resin.

Resin merupakan salah satu komponen cat yang fungsinya sebagai binder untuk pengikat pigmen dan memberikan daya lekat pada permukaan yang akan dicat.

Penambahan resin ini memberikan karakteristik emulsi yang lebih tahan pakai dibandingkan dengan emulsi non-vinil standar, dengan konsistensi yang mirip dengan cat akrilik atau berbasis minyak.

Perhatikan tentang cat akrilik atau berbasis minyak, meskipun sangat tahan lama dan ideal untuk area dengan lalu lintas tinggi, cat tersebut akan memiliki hasil akhir yang berkilau atau mengilap, yang tidak selalu sesuai untuk bagian tertentu dari rumah.

Editor : Johanna Erly Widyartanti

Latest