Follow Us

Demi Generasi Mendatang, Pakai 5 Material Interior Ramah Lingkungan dan Berkelanjutan Ini Yuk!

Sesilia Alexandra - Selasa, 26 Oktober 2021 | 21:00
Ruangan yang memanfaatkan berbagai material berkelanjutan
Tom Raffield

Ruangan yang memanfaatkan berbagai material berkelanjutan

IDEAonline - Dalam beberapa tahun terakhir, masyarakat global mulai menyadari pentingnya menjaga kelestarian lingkungan demi generasi-generasi yang akan datang.

Kesadaran ini pun melahirkan berbagai tren dan kebiasaan baru dalam berbagai ranah, termasuk dalam desain interior.

Di ranah interior sendiri, kata “sustainable”, yang artinya berkelanjutan, telah menjadi istilah yang sangat diperhatikan oleh para desainer dan pemilik rumah.

Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk menciptakan rumah yang menjunjung sustainability. Salah satunya adalah dengan memilih material yang berkelanjutan dan ramah lingkungan.

Lantas, material apa saja yang dibutuhkan untuk membuat rumah ramah lingkungan?

Dilansir dari connect.buildnext.in (19/08/2020), berikut adalah beberapa material berkelanjutan yang dapat IDEA Lovers aplikasikan di rumah untuk menciptakan ruang interior yang ramah lingkungan.

Baca Juga: Wow! Sampah Botol Plastik Dijadikan Struktur Rumah, Tahan Badai dan Tak Perlu Pemanas atau Pendingin Ruang Lagi

  1. Kayu
Hal pertama yang mungkin terlintas di benak IDEA Lovers ketika membahas mengenai material ramah lingkungan adalah kayu.

Menjadi material terkemuka untuk produk interior, kayu dapat digunakan dan dimanfaatkan untuk banyak kemungkinan, misalnya untuk furnitur, lantai, wallpaper, dan dekorasi.

Kayu sendiri menawarkan berbagai pilihan estetika yang luar biasa. Selain itu, ia juga tersedia dalam beragam sifat termal, akustik, dan mekanik yang dapat IDEA Lovers pilih berdasarkan kebutuhan.

Baca Juga: Mengapa Lahan Berbentuk Segitiga dan Tidak Beraturan Buruk untuk Tempat Tinggal? Ini Cara Pembenahannya ala Feng Shui!

  1. Bambu
Bambu merupakan material alami yang sangat apik dan fleksibel. Selain itu, di antara berbagai material sustainable lain, bambu merupakah salah satu yang direkomendasi.

Editor : Johanna Erly Widyartanti

Latest