Follow Us

Kenali Perbedaan Semut Kayu dan Rayap serta Cara Menangani Serangannya

Sesilia Alexandra - Kamis, 21 April 2022 | 15:00
Ilustrasi semut kayu dan rayap
Arrow Exterminating

Ilustrasi semut kayu dan rayap

IDEAonline -Meski kita tidak menginginkannya, ada kalanya rumah kita dikunjungi oleh hama-hama yang tidak pernah kita undang.

Beberapa di antaranya adalah semut kayu dan rayap, yang kehadirannya selalu membuat kita resah.

Semut kayu dan rayap adalah dua jenis serangga berbeda yang memiliki beberapa kesamaan, salah satunya adalah keduanya terkenal sebagai penyebab kerusakan kayu di rumah.

Di luar ukuran sayap selama reproduksi, rayap berukuran kira-kira sama dengan banyak spesies semut besar yang termasuk dalam kelompok semut kayu.

Sama seperti semut kayu, rayap menggali ke dalam kayu, menjadikannya musuh rangka kayu rumah kita.

Namun, kita harus tetap ingat bahwa mereka adalah dua serangga yang berbeda, sehingga mereka harus diusir dengan cara yang berbeda pula.

Dilansir dari thespruce.com (31/01/2022), berikut adalah perbedaan semut kayu dan rayap, dan bagaimana untuk menangani serangan mereka di rumah.

Baca Juga: Sontek Cara Tata Ulang Ruang Ala Desainer, Rumah Siap Sambut Tamu di Hari Raya

Perbedaan Fisik

Pengamatan lebih dekat pada serangga tersebut akan menunjukkan perbedaan fisik yang signifikan yang memudahkan kita untuk mengidentifikasi rayap dan semut kayu.

Amati serangga dengan kaca pembesar atau bahkan sorotkan cahaya terang pada serangga dan kita dapat melihat perbedaannya dengan menggunakan mata telanjang.

Source : The Spruce

Editor : Johanna Erly Widyartanti

Baca Lainnya

Latest