Follow Us

Kurangi Radiasi Televisi Demi Ruang Keluarga yang Nyaman

Anissa Q. Aini - Minggu, 04 Agustus 2013 | 03:00
Kurangi Radiasi Televisi Demi Ruang Keluarga yang Nyaman
Anissa Q. Aini

Kurangi Radiasi Televisi Demi Ruang Keluarga yang Nyaman

Saat malam tiba, banyak di antara kita yang mungkin senang menonton televisi, tanpa menyalakan lampu. Pertama, untuk menghemat biaya listrik. Kedua, menjaga ketenangan anggota keluarga lain yang sedang tidur.

Menonton televisi di ruangan gelap sebetulnya tidak baik untuk mata. Pasalnya, kontras cahaya dan radiasi dari layar televisi akan terasa lebih kuat menerpa mata. Kalau memang terpaksa menonton televisi dalam keadaan gelap, artinya Anda harus mencari cara untuk mereduksi radiasi dan kontras cahayanya.

Salah satu caranya adalah dengan menempatkan lampu di belakang televisi (backlight). Bisa dengan membuat indirect light pada rak televisi, misalnya. Selain menghindarkan mata dari kerusakan, pencahayaan seperti ini juga sekaligus mempercantik tampilan ruang.

Lampu seperti apa yang harus ditempatkan? Pilih lampu-lampu dengan intensitas cahaya rendah, jadi sinarnya lebih lembut. Untuk lampu backlight bisa menggunakan LED. Jenis lampu ini, selain cahayanya lembut, juga hemat energi.

Jadi, meski efek negatif radiasi televisi pada ruang gelap bisa dikurangi, tapi tidak menonton televisi di ruangan gelap tetap solusi terbaik. Jadi, jika ingin mata tetap sehat, sebisa mungkin hindari menonton televisi dalam ruangan tanpa cahaya sama sekali.

Foto: iDEA/ Richard Salampessy

Editor : Anissa Q. Aini

Latest