Follow Us

Lampu Rumah Patut Dirancang Khusus

Anissa Q. Aini - Minggu, 04 Agustus 2013 | 05:00
Lampu Rumah Patut Dirancang Khusus
Anissa Q. Aini

Lampu Rumah Patut Dirancang Khusus

Salah satu ruang yang patut memiliki tata cahaya yang baik adalah ruang keluarga. Mungkin tak gampang untuk memperoleh tata cahaya ruang keluarga yang ideal. Untuk ruang keluarga, banyak orang mungkin hanya menempatkan satu lampu di plafon sebagai general light. Cara ini tidak salah, tapi coba perhatikan, biasanya cahaya ini tidak bisa menerangi setiap sudut ruangan, kecuali lampu yang dipergunakan berdaya besar. Itu sebabnya diperlukan lampu-lampu tambahan.

Nah, menempatkan lampu-lampu tambahan ini tidak boleh sembarangan juga. Harus disesuaikan dengan kebutuhannya. Terlalu banyak menempatkan lampu, jadinya terlalu terang. Temperatur ruang juga bisa menjadi panas. Sebaliknya, kekurangan lampu, ruang keluarga terasa masih gelap. Sama-sama tidak nyaman.

Paling tidak ada tiga hal yang perlu diperhatikan kalau mau menempatkan lampu di ruang keluarga.

Coba berkeliling ruang keluarga. Perhatikan, biasanya ada sudut-sudut ruangan yang tidak terkena cahaya. Untuk menerangi sudut ruangan, paling pas dengan standing lamp. Atau bisa juga dengan memasang floor lamp dengan cahaya menyorot ke atas (uplight). Tak cuma jadi terang, cahayanya pun berkesan dramatis.Tempatkan lampu di benda-benda yang punya permukaan. Meja konsol atau nakas, misalnya. Untuk area-area ini bisa tempatkan lampu-lampu hias. Untuk meja nakas di sebelah sofa, tempatkan lampu yang cukup terang, karena dapat memberikan cahaya tambahan ketika Anda membaca buku atau majalah.Untuk menonjolkan detail artwork atau keindahan lukisan dan foto, perlu juga menempatkan spot light. Jadi, tidak percuma menempatkan artwork atau lukisan, karena keindahannya dapat terekspos jelas.

Coba berkeliling ruang keluarga. Perhatikan, biasanya ada sudut-sudut ruangan yang tidak terkena cahaya. Untuk menerangi sudut ruangan, paling pas dengan standing lamp. Atau bisa juga dengan memasang floor lamp dengan cahaya menyorot ke atas (uplight). Tak cuma jadi terang, cahayanya pun berkesan dramatis.

Tempatkan lampu di benda-benda yang punya permukaan. Meja konsol atau nakas, misalnya. Untuk area-area ini bisa tempatkan lampu-lampu hias. Untuk meja nakas di sebelah sofa, tempatkan lampu yang cukup terang, karena dapat memberikan cahaya tambahan ketika Anda membaca buku atau majalah.

Untuk menonjolkan detail artwork atau keindahan lukisan dan foto, perlu juga menempatkan spot light. Jadi, tidak percuma menempatkan artwork atau lukisan, karena keindahannya dapat terekspos jelas.

Perlu diingat, sebelum menempatkan lampu di ruang keluarga, semua kembali pada kebutuhan Anda sebagai pemilik rumah. Sebagian orang bahkan ada yang memilih tidak memasang general light. Mereka menggantinya dengan memperbanyak indirect light dan jenis lampu lainnya sesuai kebutuhan. Dengan menempatkan lampu sesuai dengan kebutuhan, Anda bisa mengontrol konsumsi listrik juga. Jadi, tidak ada pemborosan lampu. Setuju?

Foto: iDEA/ Dean Martin Saerang

Lokasi: Unit Contoh Gandaria Heights Apartment, Gandaria, Jakarta Selatan

Editor : Anissa Q. Aini

Latest