Follow Us

Cahaya Lampu Membuat Pajangan Semakin Cantik

Putri Dwimirnani - Senin, 12 Agustus 2013 | 06:00
Cahaya Lampu Membuat Pajangan Semakin Cantik
Putri Dwimirnani

Cahaya Lampu Membuat Pajangan Semakin Cantik

Yakin, rumah Anda sudah didesain dengan baik? Coba lihat lagi ke dalam, cek suasana yang terbangun di sana. Kalau terasa kurang nyaman, mungkin Anda melupakan faktor pencahayaan. Wajar, aspek yang satu ini memang seringkali dianggap sepele.

Sejauh yang banyak orang ketahui, lampu berfungsi untuk membuat ruangan terang. Padahal, sama seperti penataan letak dan pilihan furnitur, kalau tidak sesuai dengan kebutuhan pasti rasanya tak nyaman.

Ruang keluarga, representasi karakter Anda dalam rumah, tentu harus senantiasa cantik dan nyaman. Intinya, sama dengan manusia, kok. Tidak hanya cantik di luar, tetapi juga harus cantik di dalam. Membuat pendaran cahaya pada rak pajangan seperti ini bisa menjadi solusi.

Pencahayaan yang baik harus mampu memberi nilai tambah bagi nilai estetika suatu objek. Lampu yang berwarna kekuningan dan remang-remang ini cocok sekali untuk menonjolkan objek dekoratif. Sebab, kalau terlalu terang justru pajangan kita hanya akan terlihat bagai siluet atau malah "datar".

Kalau bisa, sembunyikan sumber cahayanya. Menurut Mariana Rahman, konsultan tata cahaya dari Lumina Group, cahaya yang tersembunyi bisa membuat elemen interior lebih terekspos dengan baik. Hal ini disebabkan oleh berkurangnya silau akibat pancaran yang terlalu terang, atau malah muncul siluet seperti yang sudah disebutkan sebelumnya.

Agar sumber cahaya tak terlihat, Anda bisa membuat cerukan di bagian atas rak untuk menaruh lampu. Kalau mau mendapatkan pendaran yang lebih lembut, bisa juga dengan memberi penutup berupa akrilik buram. Tapi, atur jaraknya karena panas dari lampu bisa meninggalkan jelaga hitam pada akrilik. Selamat mencoba!

Foto: iDEA/Richard Salampessy

Editor : Putri Dwimirnani

Latest