Follow Us

Drop ceiling kaca: Bisa untuk Ngaca Juga

Anissa Q. Aini - Senin, 12 Agustus 2013 | 11:33
Drop ceiling kaca Bisa untuk Ngaca Juga
Anissa Q. Aini

Drop ceiling kaca Bisa untuk Ngaca Juga

Plafon rata dan datar menjadikan ruangan terasa polos. Aneka olahan plafon dapat menjadikan ruangan menjadi lebih dinamis.

Salah satu olahan desain plafon yang paling diminati orang adalah desain drop ceiling. Desain yang seperti ini membuat plafon memiliki tekstur naik dan turun.

Sebuah rumah sih bisa saja menerapkan plafon yang rata. Walau di satu sisi terasa polos, plafon seperti ini sebetulnya rapi juga. Di sisi lain, untuk membuatnya tak semahal bikin plafon model drop ceiling itu.

Untuk membuat plafon rata, kita cukup membuat sebuah rangka plafon, entah itu dari besi atau kayu. Rangka ini dibuat kotak-kotak, dan seluruh rangka ini dibuat datar. Penempatannya bisa saja horisontal atau miring mengikuti konstruksi atap.

Beda halnya ketika membuat plafon drop ceiling. Membuat plafon seperti ini dibutuhkan rangka-rangka tambahan sebagai pembentuk profil plafon yang "jatuh" itu. Tentunya, kita membutuhkan lebih banyak rangka kayu atau besi sebagai "pemegang" rangka plafon drop ceiling itu agar tak benar-benar jatuh. Nah, setelah rangka ini jadi, barulah kita tutup rangka ini menggunakan papan plafon. Bisa dari tripleks, multipleks, gipsum, atau papan semen.

Jika saja masih ingin berkreasi, plafon juga bisa dilapis dengan kaca cermin. Untuk yang ini kami sarankan Anda ekstra hati-hati memasangnya, soalnya apapun jenis kaca, ia punya potensi pecah dan melukai.

Seperti halnya cermin pada dinding, cermin pada plafon pun dapat membantu mengubah ilusi ruang sehingga memilili kelebihan. Kalau dipasang di dinding, ruang bisa menjadi lebih luas secara horisontal, dipasang di plafon, ruang bisa lebih luas secara vertikal, alias terasa lebih tinggi.

Coba deh kalau nggak percaya. Kalau mau mencontek desainnya, silahkan lihat foto plafon berlapis cermin yang kami tampilkan. Cermin dipotong-potong sehingga berbentuk segitiga dan segi empat, kemudian dirangkai dalam satu blok plafon drop ceiling berbentuk empat persegi panjang. Garis-garis pertemuan potongan kaca itu diberi list warna hitam. Sebagai elemen tambahan, pada celah tersembunyi antara plafon utama dan plafon drop ceiling itu ditempatkan lampu yang berfungsi sebagai elemen dekoratif sekaligus penerang ruangan.

Tertarik?

Lokasi: Unit Contoh Casa Jardin Residence, Daan Mogot, Jakarta Barat

Foto: iDEA/Ricardo de Melo

Editor : Anissa Q. Aini

Latest