Follow Us

Ruang Keluarga: Less is Bore

Putri Dwimirnani - Senin, 16 September 2013 | 10:00
Ruang Keluarga Less is Bore
Putri Dwimirnani

Ruang Keluarga Less is Bore

Gaya kontemporer antara lain muncul sebagai bentuk perlawanan terhadap minimalis yang dirasa membosankan. Istilah "Less is more" dilawan dengan "Less is bore". Artinya, desain yang serba polos dan melompong dirasa kurang 'seru' dan hampa. Dari sana, gaya kontemporer mulai merangkak naik. Inti dari gaya kontemporer adalah berani memunculkan karakter dalam desain. Tak ada batasan tertentu di sana. Itulah sebabnya gaya ini makin mendominasi belakangan ini. Sebab, siapa sih yang tak ingin tampil menonjol?

Tertarik untuk menerapkannya di ruang keluarga? Begini aturan mainnya:

Hampir sama dengan minimalis, gaya kontemporer juga mensyaratkan desain yang serba lurus dan rapi. Jadi, pastikan ruang keluarga selalu rapi dan tidak dipenuhi aksesori yang berlebihan.Ciri arsitektural utamanya ada pada plafon tinggi dan jendela yang lebar. Ekspos tekstur pada dinding bangunan. Misalnya, profil atau bata ekspos. Jika tak ada, biarkan dinding dalam keadaan polos. Fokuslah pada furnitur dengan bentuk dan warna yang menarik.Gaya ini juga identik dengan penggunaan logam mengkilat atau cermin dalam jumlah besar. Fungsinya untuk memberi ilusi visual, agar ruangan terlihat lebih luas.Pilih kain (upholstery) yang memiliki tekstur kuat, seperti linen atau wol. Sementara, biarkan lantai dilapisi material yang tak dihiasi banyak motif dan licin. Menghiasi ruangan dengan island carpet boleh juga. Selain mampu menghangatkan ruang, karpet juga bisa meredam bunyi.Terakhir, lengkapi ruangan dengan objek seni yang mewakili karakter Anda. Tak perlu panik dengan harga yang mahal. Cari saja lukisan atau karya seni lainnya di pasar seni lokal. Pasti Anda bisa menemukan hiasan unik dengan harga tak terlalu mahal.

Hampir sama dengan minimalis, gaya kontemporer juga mensyaratkan desain yang serba lurus dan rapi. Jadi, pastikan ruang keluarga selalu rapi dan tidak dipenuhi aksesori yang berlebihan.

Ciri arsitektural utamanya ada pada plafon tinggi dan jendela yang lebar.

Ekspos tekstur pada dinding bangunan. Misalnya, profil atau bata ekspos. Jika tak ada, biarkan dinding dalam keadaan polos. Fokuslah pada furnitur dengan bentuk dan warna yang menarik.

Gaya ini juga identik dengan penggunaan logam mengkilat atau cermin dalam jumlah besar. Fungsinya untuk memberi ilusi visual, agar ruangan terlihat lebih luas.

Pilih kain (upholstery) yang memiliki tekstur kuat, seperti linen atau wol. Sementara, biarkan lantai dilapisi material yang tak dihiasi banyak motif dan licin. Menghiasi ruangan dengan island carpet boleh juga. Selain mampu menghangatkan ruang, karpet juga bisa meredam bunyi.

Terakhir, lengkapi ruangan dengan objek seni yang mewakili karakter Anda. Tak perlu panik dengan harga yang mahal. Cari saja lukisan atau karya seni lainnya di pasar seni lokal. Pasti Anda bisa menemukan hiasan unik dengan harga tak terlalu mahal.

Bagaimana contoh aplikasinya? Coba tengok foto ruang keluargapada artikel ini! Di sana ada aplikasi berbagai warna dan bentuk, sehingga ruang keluarga tak lagi membosankan.

Foto: iDEA Online/Yogie Candra Bhumi

Lokasi: Unit Contoh Tatar Mayang Sunda, Kota Baru Parahyangan, Padalarang, Bandung

Editor : Putri Dwimirnani

Latest