Follow Us

Void dan Bukaan yang Bikin Betah

Putri Dwimirnani - Minggu, 22 September 2013 | 09:00
Void dan Bukaan yang Bikin Betah
Putri Dwimirnani

Void dan Bukaan yang Bikin Betah

Tak semua ruangan yang luas bisa terasa nyaman. Terkadang, kita justru direpotkan dengan kondisi ini. Sebab, suasana yang terbangun cenderung kurang hangat dan akrab. Maka, kata 'lapang' bukan berarti memiliki ukuran yang luas, tapi lebih condong pada sebuah kondisi yang lega.

Lihat saja ruang keluarga di kediaman Lily dan Hariman Wiradireja ini. Dalam ukuran sekitar 5m x 5m, ruangan ini terasa begitu luas, namun tetap akrab. Rahasianya ada pada bukaan di sepanjang dinding yang mengarah langsung ke halaman belakang. Dengan ukuran jendela yang dibuat setinggi 2,7m, cahaya dan udara yang masuk bisa lebih optimal. Ditambah lagi, ruangan ini dilengkapi dengan void yang juga memuat banyak bukaan ke arah taman. Cahaya yang masuk pun berlipat ganda.

Inilah yang menjadikan ruang keluarga bisa terasa terang dan lapang tanpa kehilangan keakraban di dalamnya. Sebab, berbeda dengan pendaran lampu, cahaya matahari bisa membuat suasana terasa lebih hangat dan nyaman. Ditambah lagi, dengan pemandangan langsung ke arah taman yang segar di belakang rumah.

Mengenai void, secara feng shui memang sebaiknya diletakkan di ruang keluarga. Pakar feng shui Endhi I. Poernomo pernah menyebutkannya dalam Seminar Feng Shui dan Tarot dalam Arsitektur, "Void membuat hubungan antara lantai atas dan bawah. Sehingga, keakraban di antara anggota keluarga bisa terjaga."

Hmm... Ruang keluarga ini memiliki void. Lalu, dilengkapi dengan banyak bukaan pula. Wajar saja kalau bikin betah. Rasanya tak ingin beranjak dari sana.

Foto: iDEA Online/Yogie Candra Bhumi

Lokasi: Kediaman Lily dan Hariman Wiradireja, Dago, Bandung

Editor : Putri Dwimirnani

Latest