Follow Us

Indah Alami di Ruang Makan

Devi F. Yuliwardhani - Kamis, 18 April 2013 | 04:00
Indah Alami di Ruang Makan
Devi F. Yuliwardhani

Indah Alami di Ruang Makan

Furnitur berbahan kayu memang selalu diminati oleh masyarakat. Selain karena daya tahannya yang bagus, mudahnya kayu diolah menjadi beragam bentuk juga menjadi alasan tingginya penggunaan kayu sebagai bahan baku. Sayangnya, hal tersebut tidak diimbangi dengan pelestarian pohon-pohon penghasil kayu. Sehingga, lambat laun kayu asli menjadi sumber daya yang mulai langka dan sangat terbatas. Meskipun kini banyak industri yang mulai menggantikan kayu asli dengan kayu olahan, hal ini tak lantas menurunkan permintaan kayu asli di pasaran. Banyak orang yang rela merogoh kocek lebih dalam hanya untuk mendapatkan kayu asli.

Namun sayangnya, ketika mereka mendapatkan kayu asli, hal yang selanjutnya mereka lakukan adalah mengolahnya menjadi persis seperti yang mereka inginkan. Contohnya saja untuk membuat furnitur, kayu asli dipotong dan dilapis sedemikian rupa. Tanpa disadari, hal ini akan menghilangkan karakteristik sebuah kayu. Dari bentuk, pola urat kayu, hingga warna alaminya. Sehingga yang tersisa hanyalah daya tahan kayu tersebut.

Tak selamanya karakteristik kayu asli harus dihilangkan demi tuntutan sebuah desain. Dengan menonjolkan karakternya, Anda masih bisa mendapatkan desain yang indah. Contohnya saja satu set meja makan ini. Pola urat kayu masih jelas terlihat dalam bentuk solid dengan garis-garis tak lurus yang alami. Seakan-akan setiap bagian furnitur tersebut benar-benar sebuah kayu yang diambil dari pohon dan hanya diperhalus saja, indah karena alami.

Foto: iDEA/Licco Indrawan

Editor : Devi F. Yuliwardhani

Latest