Follow Us

Meja Bundar Cocok untuk Ruang Mungil

Putri Dwimirnani - Minggu, 10 November 2013 | 08:00
Meja Bundar Cocok untuk Ruang Mungil
Putri Dwimirnani

Meja Bundar Cocok untuk Ruang Mungil

Ketika mencari meja makan biasanya akan dicari bentuk meja yang sesuai dengan bentuk ruangan. Itulah sebabnya mengapa meja persegi dan persegi panjang hampir selalu menjadi pilihan utama. Padahal, desain yang baik tak hanya memperhatikan kondisi ruang, tetapi juga kesesuaian dengan kebutuhan.

Jika penghuni rumah tak terlalu banyak, ada baiknya Anda melupakan meja persegi konvensional itu. Alihkan perhatian pada bentuk lingkaran atau meja bundar. Dengan karakternya yang memusat, meja bundar bisa mencairkan suasana. Sebab, pengguna bisa mudah saling melihat satu sama lain. Kegiatan makan pun bisa semakin akrab karenanya.

Bagaimana dengan pengaruhnya terhadap ruangan? Meja bundar ini ternyata cocok juga diterapkan di ruang mungil. Karakternya hampir sama dengan bentuk persegi yang simetris dan tak memakan ruang. Supaya terlihat seimbang, tempatkan meja di tengah ruangan. Beri jarak yang cukup dari dinding, paling tidak sekitar 1m. Jarak ini lebih berfungsi sebagai area sirkulasi pengguna. Sayangnya, konfigurasi seperti di atas tak cocok digunakan untuk jamuan berskala besar. Meja berbentuk lingkaran terlalu makan tempat, dan bagian tengahnya tak dapat dimanfaatkan. Di sisi lain, diameter meja yang terlalu besar membuat penggunanya duduk semakin berjauhan dan sulit memandang atau mendengar lawan bicaranya. Kondisi ini dapat mengurangi keakraban.

Sebagai solusi terbaik tentu, kalau penggunanya banyak, maka gunakan saja meja persegi. Segala sisi muka meja dapat dipergunakan, dan posisi duduk pun tak terlalu berjauhan. Pada ruang persegi, tentu hal ini juga menghemat penggunaan ruangan.

Foto: iDEA Online/Yogie Candra Bhumi

Lokasi: Rumah Contoh Tatar Larang Tapa, Kota Baru Parahyangan, Padalarang, Bandung

Editor : iDEA





PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Tag Popular