Follow Us

Selain Udara Segar, Ruang Makan Terbuka Ini Punya Dua Suasana

Fransisca Wungu - Minggu, 22 Januari 2017 | 01:00
Selain Udara Segar Ruang Makan Terbuka Ini Punya Dua Suasana
Fransisca Wungu

Selain Udara Segar Ruang Makan Terbuka Ini Punya Dua Suasana

Saat teman atau keluarga berkumpul di rumah, tak jarang kita menggelar pesta barbekiu untuk menyemarakkan suasana. Bersamaan dengan itu, tak jarang pula kawan-kawan atau saudara memantik rokok mereka untuk sekadar menanti hidangan siap di atas meja. Alhasil, ruangan dipenuhi dengan asap rokok yang bertemu dengan asap hasil pembakaran makanan. Efeknya, ruangan tentu akan jadi pengap dan sesak.

Solusinya? Sebenarnya mudah saja. Pindahkan aktivitas ke halaman agar asap dapat langsung bertukar dengan udara segar. Namun, bagaimana bila luas rumah tak terlalu besar dan tak memungkinkan untuk menambah halaman? Mudah saja. Kurangi jatah luas ruang makan Anda dan buat setengahnya menjadi area makan semioutdoor. Anda pun kini memiliki sebuah ruang makan terbuka.

Area barbekiu tidak diberi atap. Ini supaya asap yang muncul langsung bertukar dengan udara segar. Sebagai gantinya, berilah kawat dan jaring kasa di langit-langit untuk alasan keamanan. Area ruang makan terbuka ini juga dilengkapi dengan tumbuhan sulur untuk menyegarkan pandangan juga udara di sekitarnya. Untuk semakin menyegarkan suasana, desainlah kolam ikan di sisi area barbekiu. Karena lahan tak terlalu luas, lebar kolam ikan berukuran hanya sekitar 0,5 meter. Tapi, kolam dibuat memanjang mengikuti panjang ruangan agar ikan dapat bergerak bebas.

Selain menghilangkan asap lebih cepat, area barbekiu ini juga punya kelebihan lain. Karena tanpa sekat, ruang yang langsung tersambung dengan ruang makan dan ruang keluarga ini otomatis menjadi area pertukaran udara yang baik bagi rumah. Dengan ruang makan terbuka ini, rumah pun terasa segar dan adem karena udara baru terus-menerus masuk.

Foto: Adeline Krisanti

Editor : Fransisca Wungu

Latest