Follow Us

Perhatikan Masalah Zona

Rasantika M. Seta - Senin, 30 November 2009 | 09:50
Perhatikan Masalah Zona
Rasantika M. Seta

Perhatikan Masalah Zona

Area Persiapan umumnya terdiri atas sub-area penyimpanan dan sub-area kerja. Sub-area penyimpanan meliputi penyimpanan bahan makanan basah, bahan makanan kering, peralatan makan, hingga buku memasak dan alat-alat dapur (pisau, sodet, pembuka kaleng, alas potong, dsb).

Area penyimpanan, selain menggunakan kabinet bawah, kabinet gantung, dan rak terbuka, juga banyak menggunakan laci, hook dinding, dan sliding kabinet. Area ini umumnya dilengkapi dengan lampu tambahan agar lebih terang juga pencahayaan tambahan di bagian dalam kabinet. Lemari penyimpanan makanan basah berupa kulkas.

Pada sub-area kerja terdapat kegiatan memotong, meracik, mengupas, menumbuk, hingga menghaluskan bumbu dengan cobek ataupun blender. Perangkat dapur yang digunakan, antara lain blender, mixer, alas potong, hingga chopper electric. Semuanya menggunakan outlet listrik.

Area Mencuci dilengkapi dengan sink dan keran. Kondisi area yang selalu basah harus didukung dengan bukaan-bukaan pada dapur yang memperlancar sirkulasi udara dan cahaya. Area mencuci sebaiknya dilengkapi dengan rak pengering, baik untuk sayuran maupun piring-gelas. Kabinet gantung, yang umumnya menjadi rak pengering peralatan makan, dapat dialasi sejenis baki untuk menampung tetesan air yang tersisa. Rak pengering buah atau sayur umumnya ditempatkan pada area sink. Pipa saluran pembuangan yang terletak dalam kabinet harus dapat dengan mudah dijangkau sebagai antisipasi jika terjadi kebocoran atau penyumbatan.

Area Memasak hendaklah dapat memenuhi kebutuhan ragam cara memasak. Karenanya, terkadang membutuhkan kitchen appliances dalam beberapa tipe. Kompor dalam berbagai ukuran dan jumlah tungku, oven, microwave hingga electric cooker. Area ini juga dilengkapi tempat penyimpanan beragam jenis panci dan sodet masak. Selain kabinet, hook dinding yang menggantung berbagai sodet umumnya terletak dalam jangkauan saat memasak. Area memasak juga dilengkapi dengan area penyimpanan bumbu dapur, berupa kabinet maupun rak, dan area saji. Pemasangan kabinet sliding sebagai tempat bumbu dapur akan lebih praktis membantu proses memasak.

Foto: iDEA/Hendra Nizwar

Editor : Rasantika M. Seta

Latest